Autogear.id – Percepat ekspansi global, Neta Auto Global menorehkan pencapaian ekspor pada paruh pertama tahun ini mencapai 17.687 unit. Selain itu, line-up terbaru, Neta X juga siap dikirimkan secara massal hingga 1.000 unit ke berbagai wilayah di Asia Tenggara dan Amerika Latin. Ekspor ini menjadi salah satu pengiriman skala besar pertama secara global pasca-peluncuran perdana Neta X.
Dikatakan, Neta Auto tetap konsisten dengan strategi ekspor yang berfokus pada "Pendalaman di ASEAN, Ekspansi di Amerika Selatan, dan Pengembangan di Timur Tengah dan Afrika". Strategi ini juga sejalan dengan nilai yang dipegang teguh Neta yakni "Tech for All" dengan misi brand “Touchable Smart EV".
Ekspansi di pasar internasional, khususnya untuk pasar Asia Tenggara semakin pesat dilakukan oleh merek ini sejak awal tahun 2024. Salah satunya ditandai dengan pengiriman 350 unit Neta X untuk pasar Thailand, dan menjadikannya sebagai negara penerima ekspor terbesar.
Thailand sendiri mencatat penjualan yang semakin positif, dimana penjualan Neta pada kuartal awal tahun ini tumbuh hingga 12,1 persen. Untuk semakin memperkuat bisnis di Thailand, Neta mendirikan pabrik pertama untuk memproduksi mobil listrik dengan setir kanan.
Sejak peluncuran perdananya di Thailand, juga Malaysia, mobil listrik di segmen Medium SUV ini berhasil meraih 1.000 SPK hanya dalam waktu tiga hari, setelah peluncuran di Negeri Gajah Putih tersebut. Pada Januari 2024 lalu, pabrikan juga menandatangani kontrak kemitraan strategis dengan mitra lokal di Malaysia, serta mendirikan pabrik luar negeri ketiga di negara tersebut.
Langkah ini disusul dengan dimulainya produksi skala besar di Pabrik Eco-Smart mereka di Thailand pada Maret 2024. Dengan memiliki kapasitas produksi tahunan yang diperkirakan mencapai 30.000 unit.
Antusiasme serupa juga terlihat di pasar Amerika Latin, setelah memperkenalkan tiga produk unggulannya di Brasil, electric vehicle ini berencana menyelesaikan pengiriman batch pertama dalam waktu dekat untuk konsumen. Serta mendirikan 30 flagship showroom hingga akhir 2024.
Dalam mengakomodir peningkatan volume penjualan di Brasil, Neta Auto juga akan aktif mencari peluang perakitan secara Knock Down (KD) dan membangun pabrik KD di Brasil guna memperkuat lokalisasi serta melayani pasar Amerika Selatan.
Bagaimana dengan pasar Indonesia? Belum lama ini secara resmi memperkenalkan Neta X di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. “Kami menghadirkan Intelligent Electric SUV dengan teknologi pintar dan inovatif, yang kami targetkan untuk keluarga muda. Fitur-fitur di dalamnya tidak hanya memberikan kenyamanan, namun juga keamanan optimal saat berkendara,” ujar Managing Director of Neta Auto Indonesia, Peter Zhang.
Tidak hanya berkomitmen menghadirkan lini kendaraan listrik berkualitas, sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia, Neta Auto juga terus berusaha memperkuat posisi sebagai pemain utama di pasar mobil listrik. Sekaligus meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Penguatan layanan purna jual juga tak luput dari perhatian perusahaan, lewat rencana perluasan jaringan dealership. Tidak hanya berfokus di Daerah Khusus Jakarta, melainkan beberapa kota besar di Indonesia.
(uda)