Intip Jeroan Museum Honda Racing Gallery di Sirkuit Suzuka Jepang

Mengintip dalamnya museum Honda Racing Gallery di Sirkuit Suzuka, Jepang, yang baru saja diresmikan - Honda
Mengintip dalamnya museum Honda Racing Gallery di Sirkuit Suzuka, Jepang, yang baru saja diresmikan - Honda

Autogear.id – Fasilitas museum Honda Racing Gallery di Sirkuit Internasional Suzuka, Jepang, kembali dibuka oleh Honda Motor Co., Ltd, mulai 5 April 2024. Pembukaannya ini menjadi salah satu rangkaian agenda dari Grand Prix Formula 1 Jepang 2024.

Honda Racing Gallery didirikan, dengan harapan dapat menjadi pusat komunikasi Honda, mengenai berbagai aktivitas balapnya. Juga dirancang sebagai fasilitas di mana pengunjung dapat melihat determinasi Honda, untuk menciptakan teknologi yang dituangkan melalui aktivitas balap.

Galeri Honda Racing ini menampilkan display, dari berbagai generasi mesin dan mobil balap F1 Honda. Hal ini juga bertepatan dengan semangat perayaan ke-60 tahun Honda ikut berpartisipasi di ajang balap F1.

Bangunan museum didesain dengan warna hitam sebagai dasar, dan menempatkan lampu sorot pada setiap display yang dipamerkan. Memungkinkan pengunjung melihat dan merasakan keindahan fungsional mesin balap, yang penuh teknologi mutakhir di setiap era.

Apa Isi Honda Racing Gallery?

Fasilitas Honda Collection Hall diresmikan Maret 1998, bertepatan perayaan 50 tahun berdirinya Honda Motor Co., Ltd. Masuk ke pintu galeri,  pengunjung diajak melewati “terowongan kecepatan”. Membangkitkan rasa kecepatan dan antisipasi bersemangat, sebelum masuk ke aula utama.

Melongok tengah aula utama, dipajang dua display mobil F1 historis Honda, yaitu RA272 yang membawa Honda memenangi balapan F1 pertamanya di Grand Prix Meksiko, tahun 1965. Serta Red Bull Racing Honda RB16B, yang dikendarai Max Verstappen ketika meraih gelar juara dunia pertamanya pada 2021.

Selain itu juga dipamerkan mesin dan unit tenaga Honda F1 dari berbagai masa, yang dikembangkan dan disempurnakan demi menjadi yang terbaik di setiap eranya. Pengunjung dapat melihat esensi keunggulan teknologi balap Honda, di ajang balap F1 pada setiap display yang ditampilkan.

Terdapat juga area pameran khusus di lantai B1, dimana dipamerkan mobil balap Honda lain yang digunakan pada berbagai ajang balap selain F1. Antara lain Super GT, Japanese Super Formula Championship(SF) dan Suzuka 8 Hours Endurance Road Race.

Memperingati F1 Grand Prix Jepang, pameran khusus ini juga menampilkan para pembalap F1 Jepang, yang telah berjuang meraih kesuksesan bareng Honda. Pameran tersebut memamerkan mesin-mesin F1 dan memorabilia lain. Seperti helm yang digunakan para pembalap F1. Museum ini buka setiap hari, pukul 10.00 hingga 16.30 waktu setempat.


(uda)