Formula 1 Belgia 2022

Verstappen Tampil Sempurna Meski Start dari Grid Start 14

Max Verstappen tampil superior meski harus mengawali balapan dari grid start ke-14. Red Bull CP
Max Verstappen tampil superior meski harus mengawali balapan dari grid start ke-14. Red Bull CP

Autogear.id - Max Verstappen kini benar-benar superior tampil di Formula 1 2022. Meraih posisi pole, Ia harus mengawali balapan dari grid start ke-15 karena melakukan penggantian mesin dan harus terkena penalti mundur 15 grid start. Namun karena ada pembalap lain yang juga kena penalti, maka Ia mengawali balapan dari grid start ke-14.

Penampilannya pun cukup sempurna, lantaran Ia hanya butuh beberapa lap saja untuk mengejar ketertinggalan dari pembalap yang berada di urutan terdepan yaitu Carlos Sainz. Menggunakan kompon ban lunak, Verstappen benar-benar diuntungkan oleh kondisi yang ada. Beberapa kecelakaan yang terjadi membuatnya bisa menyelusup ke urutan terdepan.

Ketika berada di urutan terdepan pun Ia sanggup memberikan penetrasi yang sangat baik dan performa kendaraannya yang sangat superior. Usai menyusul rekan setimnya yaitu Sergio Perez, Verstappen tak terkejar hingga ke garis finish. Meski di tikungan terakhir mobilnya sempat melintir. 

"Mengawali balapan dari grid start ke-14, bukanlah hal mudah bagi kami. Namun beberapa momen insiden di depan membuat peluang meraih kemenangan itu terbuka lebar. Kemudian strategi kompon ban juga sangat membantu karena menggunakan kompon lunak di awal yang memungkinkan saya mengejar pembalap terdepan dengan cepat," papar Verstappen.

Baca Juga:
Verstappen Superior di QTT F1 Belgia, Kena Penalti Bakal Start di 15

Sementara rekan setimnya yaitu Sergio Perez yang sempat bertarung untuk meraih posisi terdepan, tak berdaya dengan performa Verstappen. Ia harus rela finish dengan jarak yang cukup jauh di belakang sang pemenang. "Saya berupaya yang terbaik dan ini adalah hasil yang baik, bukan hanya buat saya namun juga buat tim."

Kondisi yang memprihatinkan justru dirasakan oleh pembalap tim Ferrari, Carlos Sainz. Meski start dari posisi pole karena Verstappen harus menjalani penalti, Ia justru tak mampu menyelesaikan balapan di posisi pemenang. Ia pun mengakui bahwa mobilnya tak cukup kencang untuk bersaing dengan duo pembalap tim Red Bull Racing itu.

Hasil F1 Belgia 2022:
1. Max Verstappen, BEL, Red Bull Racing
2. Sergio Perez, MEK, Red Bull Racing
3. Carlos Sainz, SPA, Ferrari


(uda)