Autogear.id – Hasil penjualan Suzuki mengalami peningkatan sebesar 22 persen pada Mei 2024. Hal tersebut bisa tercapai, lantaran Suzuki mampu menyikapi dinamika pasar yang kian kompetitif. Dengan berupaya terus menghadirkan produk yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, ditopang harga yang juga bersaing.
Catatan cemerlang tersebut dibantu meningkatnya pamor New XL7 Hybrid, All New Ertiga, dan Baleno di kategori mobil penumpang. Lebih spesifik, penjualan model hybrid bahkan mampu mendominasi sebesar 35 persen dari total penjualan passenger Suzuki pada periode yang sama. Selain kendaraan penumpang, kendaraan kategori komersil pun memberikan angka positif sebesar 52 persen, dari penjualan Suzuki secara keseluruhan.
Menurut Dept. Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Randy R Murdoko persaingan pasar yang sehat dan kompetitif ini memacu Suzuki Indonesia, untuk menyesuaikan strategi penjualan dengan kebutuhan pelanggan. “Tentu kami bangga dengan torehan penjualan Mei 2024 yang makin meningkat,” ucapnya.
Kata Randy, pasar otomotif kini semakin menarik dengan maraknya pemain di industri ini. Suzuki Indonesia pun semakin tertantang untuk menyesuaikan strategi penjualan dan pelayanan, sehingga dapat terus menjaga kepuasan maksimal pelanggan setia.
Model New XL7 Memimpin Penjualan
Dilihat per model yang terjual, New XL7 memimpin penjualan mobil penumpang dengan peningkatan sebesar 28 persen, dibandingkan bulan sebelumnya. Komposisi didominasi New XL7 Hybrid sebesar 61 persen. Selain itu, di kategori 3 (tiga) row Medium SUV, XL7 mengalami peningkatan market share sebesar 6 persen.
Masih menjadi primadona, penjualan All New Ertiga didominasi varian hybrid sebesar 70 persen dari total penjualannya. Dari catatan ini terlihat kalau kendaraan hybrid telah menunjukkan eksistensi, dengan mendominasi sebesar 43 persen dari total keseluruhan penjualan kendaraan penumpang Suzuki.
Setelah All New Ertiga, kontributor ketiga adalah Baleno, yang mampu menorehkan peningkatan sebesar 57 persen dibandingkan penjualan bulan sebelumnya. Serta memimpin market share tertinggi, yaitu sebesar 65 persen di kategori sedan hatchback Indonesia pada Mei 2024.
Kontribusi Mobil Komersil Sebesar 26 Persen
Kendaraan kategori penumpang lain yang mampu menarik perhatian masyarakat adalah Grand Vitara, yang mengalami peningkatan retail bulanan sebesar 80 persen, dibandingkan bulan sebelumnya. Kedua mobil usungan Suzuki Indonesia yang mengisi rak produk stylish-modern ini semakin menarik minat masyarakat seperti yang aktif di perkotaan.
Selain kategori mobil penumpang, mobil komersil pun turut menunjukkan prestasi cemerlangnya. Hal ini dibuktikan tidak hanya melalui komposisi penjualan mobil komersil yang mendominasi pada bulan Mei 2024, melainkan juga peningkatan penjualan hingga 26 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya.
“Melalui catatan penjualan Mei 2024, kami sangat berterima kasih atas kepercayaan masyarakat yang terus memilih Suzuki untuk menunjang mobilitas. Kami sangat bangga dapat berkontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Besar harapan, hal positif ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan,” tutup Randy.
(uda)