Edukasi Truk Euro 4 dan Listrik ke Ranah SMK Lewat KTB Fuso VEP

Edukasi teknologi truk Euro 4 dan truk listrik kepada para guru dan siswa SMK melalui program KTB Fuso VEP - KTB
Edukasi teknologi truk Euro 4 dan truk listrik kepada para guru dan siswa SMK melalui program KTB Fuso VEP - KTB

Autogear.id - Distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso di Indonesia, PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menggelar KTB Fuso Vocational Education Program (KTB Fuso VEP) yang berlangsung sejak 29 Januari hingga 1 Maret 2024. Wujud konsistensi KTB dalam pengembangan pendidikan kejuruan di Indonesia.

Rangkaian KTB Fuso VEP tahun fiskal 2023 diselenggarakan dalam dua agenda pelatihan, melibatkan lebih dari 500 orang peserta. Agenda pertama yaitu pelatihan otomotif untuk guru SMK, berlangsung semenjak 29 Januari hingga 2 Februari 2024, bertempat di Training Center KTB, Pulomas, Jakarta Timur.

Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan otomotif untuk siswa SMK, bakal diadakan dalam dua batch sejak 19 Februari hingga 1 Maret 2024, di 15 SMK mitra Mitsubishi Fuso. Berlokasi di 12 kota besar di Indonesia, mulai dari Medan, Palembang, Lampung, Jakarta, Bekasi, Bandung, Kebumen, Solo, Malang, Mojokerto, Pontianak hingga Makassar.

Program ini dijalankan untuk melengkapi kegiatan donasi truk Euro 4 bagi SMK, yang sudah dilakukan KTB di kuartal ketiga tahun fiskal 2023. Sehingga mereka tidak hanya memberikan truk sebagai kendaraan praktik, namun melalui pelatihan ini juga membekali para guru dan siswa dengan pengetahuan dari teknologi truk Euro 4.

Runner Telematic System 3.0

Tidak sebatas berbagi pengetahuan teori dan praktik seputar teknologi Euro 4, pada tahun ini KTB juga mengenalkan teknologi truk listrik eCanter dan teknologi Runner Telematic System 3.0 kepada para peserta pelatihan Guru SMK. Hal ini KTB lakukan untuk mendorong SMK mitra, agar dapat berjalan beriringan dengan laju perkembangan industri saat ini.

Direktur Administration & Human Resources Division KTB, Prasetio Hartono mengungkapkan, perusahaannya senantiasa berupaya merumuskan program yang sejalan dengan nilai dan bisnisnya. Nilai perusahaan “Indahnya Berbagi” menjadi landasan, untuk menjalankan bisnis yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“KTB Fuso VEP merupakan wujud dari upaya tersebut untuk mencetak generasi produktif dan berkarakter, yang siap menjadi motor penggerak perkembangan industri di masa depan,” Prasetio Hartono.

Direktur Sales & Marketing Division KTB, Aji Jaya mengatakan, program pelatihan ini secara konsisten dilakukan untuk mendorong upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang otomotif.

“Karena itu, kami dibantu Krama Yudha Tiga Berlian Motors Regional Training Center (KRTC) berkolaborasi, menghadirkan materi pelatihan yang terus diperbaharui, untuk menjawab kebutuhan perkembangan industri otomotif Indonesia,” jelas Aji.

Lanjut Aji, akhirnya melalui implementasi kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif, terhadap pengembangan pendidikan kejuruan yang berkualitas. Supaya mampu beradaptasi dan berkontribusi, terhadap masa depan industri otomotif di Indonesia.


(uda)