Alasan Perusahaan Otobus Banyak Kepincut RM 280

Perusahaan Otobus banyak yang kepincut dengan Hino Bus RM 280 - HMSI
Perusahaan Otobus banyak yang kepincut dengan Hino Bus RM 280 - HMSI

Autogear.id – Adanya tol Trans Jawa, Lintas Sulawesi dan Sumatera, membuat banyak perusahaan otobus (PO) memperbarui armadanya. Tentunya ini menjadi peluang tersendiri bagi para pemain di segmen kendaraan komersial berat, untuk mengail keuntungan. Seperti PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), distributor utama kendaraan Hino di Indonesia, terus memperkuat posisinya sebagai market leader bus di Indonesia.

Selain itu, turut dibuktikan dalam periode Oktober hingga November 2023, banyak PO yang meluncurkan armada terbaru menggunakan sasis - sasis bus Hino. Seperti Hino Bus AK240, RK280, dan line up bus terbaru Hino di era Euro4, RM 280 yang hadir dengan sasis space frame dan turut dilengkapi air suspension.

Sebut saja beberapa PO yang memperkenalkan armada terbaru mereka menggunakan sasis bus Hino, seperti PO 27 Trans, PO Akas Mila, PO Arimbi, PO Bagong Grup, PO Dali Prima, PO Efisiensi, PO Eka, PO Garuda, PO Gunung Harta, PO Harapan Jaya, PO Haryanto, PO Jaya Utama, PO Juragan 99, PO KYM, PO Prima Jasa, PO Ramayana, PO Sinar Jaya, PO Subur Jaya, PO Tami Jaya dan  PO Tunggal Jaya.

Untuk perusahaan bus asal Sulawesi ada PO Adhi Putra dan tidak ketinggalan perusahaan bus asal Pulau Sumatera yang banyak melayani rute Trans Sumatera hingga ke Pulau Jawa. Yaitu PO Transport Express di Sumatera Barat, PO Ranau Indah asal Sumatera Selatan, PO Putra Simas dari Bengkulu dan PO Vido Trans Nusa, Lampung.

“Kami sangat senang melihat semakin banyaknya PO bus yang memilih sasis bus Hino, terutama memilih RM 280 untuk armada terbarunya. Menunjukkan Hino terus dipercaya pelanggan, untuk memberikan produk dan layanan terbaik sebagai armada terbaru dalam menopang transportasi masyarakat,” ujar Chief Operating Officer (COO) - Director HMSI, Santiko Wardoyo.

Santiko menambahkan, data Gaikindo selama Januari hingga Oktober 2023, Hino Bus menguasai 64 persen market share pasar Bus di Indonesia. Membuat pihaknya bangga, Bus Hino terus menjadi market leader di Indonesia.

“Terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah memberikan kepercayaan kepada Hino, menjadi mitra terpercaya bagi industri transportasi antar kota antar propinsi maupun pariwisata di Indonesia,” ucapnya.

Memperkuat apa yang disampaikan Santiko, Owner PO Putra Simas Bengkulu, Ramaulina Saragih mengatakan alasan perusahaannya memilih sasis Hino. Menurutnya sasis RM 280 lebih nyaman dan memiliki ketahanan yang sama dengan sasis Eropa untuk melintasi jalur Sumatera.

“Selain itu, dengan jaringan Hino yang tersebar dari Utara hingga Selatan, Kami merasa terbantu karena servis dan suku cadang tersedia sepanjang jalur Sumatera hingga layanan purna jual bus Hino mudah di dapat,” imbuhnya.

Dikatakan, RM 280 diperkuat mesin J08E-WD 6 silinder berteknologi common rail dengan tenaga 285 PS dan torsi 85 kgm. Hadir dengan transmisi MX07 yang memiliki 7-percepatan, dengan kombinasi rasio gigi lebih optimal untuk performa kecepatan tinggi dan efisiensi bahan bakar.

Varian ini turut dilengkapi wide air suspension, dan sasis space frame yang mudah diaplikasikan untuk beragam model bodi. Seperti bagasi bus yang bisa dibuat tembus dari kanan ke kiri, sehingga daya angkut lebih banyak. Untuk fitur keselamatan, RM 280 dilengkapi komponen pengereman ABS.


(uda)