Pameran Otomotif IMOS 2022

Selain Motor Listrik, Motor ICE Bakal Menggebrak di IMOS 2022?

Pameran otomotif IMOS 2022 tak hanya menghadirkan motor-motor listrik, namun juga bakal dibanjiri motor-motor skuter matic, underbone dan sport. SIS
Pameran otomotif IMOS 2022 tak hanya menghadirkan motor-motor listrik, namun juga bakal dibanjiri motor-motor skuter matic, underbone dan sport. SIS

Autogear.id - Sejak Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menegaskan dalam momentum konferensi persnya beberapa waktu lalu tentang fokus industri sepeda motor ke penggunaan energi baru dan terbarukan, pabrikan mulai siapkan senjata mereka. Meski pabrikan besar seperti Honda dan Yamaha sudah punya motor listrik, namun dua pabrikan ini cenderung masih belum melihat alasan besar untuk mulai memasarkannya di Indonesia.

“AISI sangat optimis penyelenggaraan IMOS tahun ini bisa langsung memperkenalkan teknologi terkini. Sehingga konsumen bisa mengetahui perkembangan teknologi sepeda motor. Kami juga percaya bahwa IMOS bakal menggairahkan ekonomi dan meningkatkan industri sepeda motor. Lantaran hadirnya teknologi baru dan mungkin model-model baru akan membuat pasar menjadi lebih baik,” ungkap Ketua Umum AISI, Johannes Loman dalam siaran persnya.

Lalu kalau belum bisa switch-up sepenuhnya ke teknologi kendaraan listrik berbasis baterai, lalu kira-kira motor-motor baru apa saja yang bakar hadir di IMOS 2022? Beberapa prediksi kami tentang bocoran motor-motor baru ini, mungkin bisa jadi acuan jika Anda masih sreg dengan motor bermesin bakar.

Motor Matic 100 cc - 150 cc Masih Bakal Sajian Menarik
Gempuran motor-motor listrik memang sebuah keniscayaan yang bakal hadir di masa mendatang. Namun untuk saat ini, konsumen dan masyarakat urban masih menjadi fokus pasar sepeda motor tanah air. Dan hal ini dianggap jadi kelemahan motor listrik. Hal ini pula yang membuat pabrikan besar yang panen di segmen motor matic, diketahui pasarnya mencapai 87 persen, masih akan tetap fokus di pasar ini.

Baca Juga:
Spectre Jadi Debut Perdana Rolls-Royce Masuki Dunia Setrum

Lalu apakah mereka bakal meluncurkan motor skutik lagi di IMOS 2022? Bisa jadi. Mengingat ini menjadi momen untuk meluncurkan produk baru. "Untuk produk baru, kemungkinan besar ada. Nanti lihat sendiri saja di IMOS 2022. Tapi untuk motor listrik sepertinya belum," papar General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM), Ahmad Muhibbuddin beberapa waktu lalu kepada Autogear.

Begitu juga dengan Yamaha dan beberapa pabrikan lainnya. Suzuki bahkan lebih dulu meluncurkan Avenis yang merupaan motor skuter matic dengan kapasitas mesin 125 cc. Dipastikan motor ini juga bakal mejeng di IMOS 2022. Apalagi segmentasi harganya juga tak main-main lantaran berbanderol nyaris Rp30 juta.

Segmen Motor Underbone dan Sport
Besarnya segmentasi motor jenis matic, namun segmen cub atau bebek atau underbone juga sport masih sangat perlu dipertimbangkan. Segmen pasar ini sama-sama memiliki pengaruh di bawah 7 persen dari total penjualan secara nasional. Tentu angka ini masih sangat besar dan bisa dimanfaatkan.  

Edukasi Keselamatan Berkendara dan Motor Modifikasi
Selain ragam produk kendaraan roda dua yang bakal hadir, edukasi keselamatan berkendara juga bakal hadir di sana. IMOS akan menyelenggarakan Skill and Safety Riding Course, di area panggung pada 3 November 2022 pukul 13.00-14.00 WIB. Tentu ini wajib dimanfaatkan agar Anda bisa mendapatkan ilmu keselamatan berkendara secara cuma-cuma dari pakarnya.

Baca Juga:
Innova Community Jaga Eksistensi di Kopdar Akbar

Sementara untuk ragam motor modifikasi, biasanya bakal jadi sajian di tiap zona pamer pabrikan besar. Terutama untuk produk-produk terbarunya. Hal ini sudah lumrah mereka lakukan saat meluncurkan produk terbarunya untuk pasar otomotif Tanah Air. Jadi, jangan sampai ketinggalan pameran seru ini ya Sob!


(uda)