Autogear.id - Wuling Motors (Wuling) menggelar Aftersales Skill Contest 2025, bertujuan mempertegas komitmen terhadap peningkatan kualitas layanan purna jual.
Kompetisi tahunan ini digelar di Pabrik Wuling di Cikarang, Jawa Barat, dan dilanjutkan malam penghargaan di Harper Hall Cikarang.
Mengusung tema ‘Worry Free: Fix it First Time’, kontes purna jual ini mencerminkan semangat merek asal Cina tersebut, untuk menghadirkan ketenangan dan rasa aman bagi pelanggan, melalui layanan berkualitas, cepat, dan penuh kepedulian.
“Aftersales punya peran strategis membangun kepercayaan pelanggan terhadap Wuling. Selaras dengan semangat ‘Worry Free: Fix It First Time’, kami tegaskan arah besar Wuling, mewujudkan layanan purna jual terpercaya, efisien, dan konsisten,” ungkap Vice President Wuling Motors, Arif Pramadana, pada pembukaan Wuling Aftersales Skill Contest 2025, Sabtu (8/11).
Dijelaskan, kegiatan bergengsi ini merupakan ajang tahunan untuk kompetisi dan pembelajaran bagi tenaga aftersales di jaringan dealer Wuling seluruh Indonesia.
Tahun ini, tercatat 228 peserta dari berbagai wilayah ikut berpartisipasi. Mereka berlomba dalam 4 kategori; Service Advisor, Customer Care Officer, ICE Technician, dan EV Technician.
Kompetisi dimulai sejak Mei 2025, melalui tahap seleksi pra-kualifikasi nasional, berbasis sistem pelatihan daring. Peserta lalu mengikuti dua tahap seleksi nasional, mencakup uji teori dan studi kasus teknis.
Pada tahap ini, 90 peserta dengan nilai tertinggi melaju ke seleksi nasional tahap kedua, yang dilakukan secara daring. Dari hasil penilaian, 60 peserta terbaik terpilih untuk lanjut ke tahap Dealer Group Selection.
Pada tahap Dealer Group Selection, setiap dealer melakukan training camp, untuk meningkatkan kompetensi teknis dan pelayanan peserta. Pada tahap ini, 30 peserta terbaik melaju ke Final Contest, di pabrik Wuling Cikarang.
Selama babak final, para finalis diuji melalui simulasi kerja nyata dan role play. Mencakup penanganan masalah pelanggan untuk Service Advisor dan Customer Care Officer, wawancara layanan pelanggan, serta uji teknis kendaraan ICE dan EV bagi teknisi.
Setelah proses penjurian ketat, Wuling tetapkan 12 pemenang nasional, terdiri dari tiga pemenang di masing-masing kategori Service Advisor, Customer Care Officer, ICE Technician, dan EV Technician.
“Selamat kepada 12 pemenang dalam kompetisi ini, di mana agenda ini merupakan bentuk nyata komitmen kita, dalam mengasah kemampuan dan menanamkan budaya kerja berorientasi pada kepuasan pelanggan,” pungkas Aftersales Director Wuling Motors, Maulana Hakim.
(uda)
