Isu Formula 1 2022

Honda Masih Pasok Mesin untuk Red Bull dan Alpha Tauri

Honda Racing akan tetap mendukung Red Bull Racing di F1 2023. HPM
Honda Racing akan tetap mendukung Red Bull Racing di F1 2023. HPM

Autogear.id – Kesepakatan kerja sama bidang teknis kembali disepakati Honda dan Red Bull. Honda Racing Corporation (HRC) memutuskan untuk mensuplai mesin balap kepada tim Red Bull hingga akhir 2025. Pada musim balap Formula 1 (F1) tahun ini, sesuai hasil kesepakatan, HRC memulai peran sebagai penyedia mesin balap atau power unit berjuluk Red Bull Powertrains (RBPT) untuk tim Red Bull Racing juga Scuderia AlphaTauri.

Diketahui, hingga paruh musim pertama F1 tahun 2022, Red Bull Racing sukses bertengger di puncak teratas klasemen sementara konstruktor dengan raihan 431 poin. Dengan prestasi terbaik meraih 9 kemenangan dari 13 seri balapan. 

Sementara itu, untuk posisi klasemen sementara pebalap, juara dunia F1 tahun lalu, Max Verstappen memimpin hingga paruh musim F1 tahun ini dengan 258 poin, dan prestasi terbaik 8 kemenangan. Motorsport Advisor Red Bull Racing, Helmut Marko mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Honda untuk respon positifnya.

Dimana kata Marko, kedua belah pihak sepakat melanjutkan kesepakatan kerja sama hingga akhir tahun 2025. Pihaknya puas karena kini memimpin klasemen sementara, untuk kategori pebalap dan konstruktor. “Kami sudah menikmati kemitraan positif ini, sehingga bisa memenangi gelar juara dunia pebalap pada 2021 lalu. Kami berkomitmen dapat meraih gelar juara ganda pada akhir musim ini,” ujarnya.

Baca Juga:
Aplikasi Start 2.0, Jadi FPV GPS Pelacak Kendaraan di Indonesia

Red Bull Powertrains CEO and Team Principal, Christian Horner mengatakan, kemitraan Red Bull dan Honda menunjukkan sebuah kesuksesan. “Kami sangat bahagia melanjutkan kesuksesan tersebut hingga nanti akhir 2025,” katanya.

Head of Corporate Communications Supervisory Unit, Honda Motor Co., Ltd. and President of Honda Racing Corporation, Koji Watanabe mengatakan, Honda menyambut baik komitmen melanjutkan kerja sama teknis antara kedua belah pihak. “Kami akan terus mengupayakan serta memaksimalkan sumber daya yang kami miliki, dalam kesempatan berlaga di ajang balap mobil bergengsi di dunia ini,” ucapnya.

Sebenarnya kalau dilihat fakta di atas kertas, Honda sendiri sebenarnya secara resmi menyudahi partisipasinya di ajang balap F1 pada akhir 2021 lalu. Pabrikan tersebut lebih berkomitmen mengalokasikan sumber dayanya, guna mencapai tujuan perusahaan memproduksi kendaraan tanpa karbon di masa depan.

Selanjutnya, Honda mendelegasikan penugasan kepada HRC dalam melanjutkan peranan mereka di ajang balap F1 untuk mensuplai mesin balap kepada tim Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri.


(uda)