IMOS 2024 Bakal Pecah! Sejumlah Merek Kabarnya Bawa Produk Baru

IMOS 2024 Bakal Pecah! Sejumlah Merek Kabarnya Bawa Produk Baru - Foto IG/IMOS_ID
IMOS 2024 Bakal Pecah! Sejumlah Merek Kabarnya Bawa Produk Baru - Foto IG/IMOS_ID

Autogear.id - Indonesia Motorcycle Show (IMOS) kembali hadir tahun ini. Diselenggarakan di Hall 9 dan 10, Indonesian Convention Exhibition (ICE) BSD-City, Kabupaten Tangerang, Banten (30/10 – 3/11/2024). Gelaran ini digadang-gadang bakal menempati area lebih luas, dibandingkan tahun sebelumnya.

Dikatakan, pameran ini akan menempati area pameran seluas 15.000 m2. Menggunakan area indoorprefunction, serta seluruh area outdoor dari hall 9 dan 10 ICE BSD-City. Pelaku industri pun akan lebih leluasa, dalam memberikan edukasi. Sekaligus memperkenalkan teknologi terkini secara langsung kepada konsumen.

Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) Johannes Loman menyampaikan, dengan penyelenggaraan IMOS di setiap tahun, asosiasi berkomitmen untuk dapat menyuguhkan perkembangan teknologi terkini di industri roda dua. Sekaligus menyediakan sarana efektif, yang mempertemukan para pemain industri dengan para konsumen.

"AISI berkomitmen untuk terus mendorong inovasi yang tidak hanya meningkatkan performa kendaraan, tetapi juga produk ramah lingkungan. IMOS 2024 adalah bukti nyata, bahwa industri sepeda motor kita siap untuk menyongsong masa depan yang lebih hijau dan aman," ungkap Loman dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu.

Penyelenggaraan IMOS 2024 akan diikuti lebih banyak peserta. Setidaknya terdapat lebih dari 60 peserta, telah mengonfirmasi keikutsertaannya. Tercatat ada 17 merek motor jenis Internal Combustion Engine (ICE) seperti Honda, Kawasaki, Suzuki, TVS, Yamaha, Harley-Davidson, Royal Alloy, Royal Enfield, hingga Scomadi. Sementara itu, deretan motor listrik (Electric Vehicle) seperti merek Alva, Electrum, Horwin Inc, Ion Mobility, Polytron, VMove, Volta, dan ZPT juga ikut serta.

Ketua Bidang Komersial AISI Sigit Kumala mengatakan, untuk IMOS 2024, akan menghadirkan ragam variasi kendaraan roda dua, baik dari produk motor bermesin ICE, ataupun produk motor berbasis listrik. Serta berbagai merek produk dari industri pendukung otomotif, seperti ban, apparel, pelumas hingga perkakas otomotif dan suku cadang.

“Untuk IMOS 2024 ini kami mengusung tema “Riding Green and Safe Journey for A Better Life”. Besar harapan, tahun ini dapat menjadi wadah pengenalan beragam teknologi terbaru sepeda motor di Indonesia," lanjut Sigit dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (16/10/2024).

Apa Saja Varian yang Dibawa Peserta?

Lantas apa saja yang akan diusung oleh merek-merek tersebut sepanjang pameran yang berlangsung 5 hari ini? Sebut saja Honda, yang mengatakan akan menyiapkan zona motor listrik. Apalagi pekan lalu PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja merilis dua produk baru, Honda Icon e: dan CUV e:. Memperkuat varian EM1 e: dan EM1 e: Plus.

Sementara dari line-up ICE, Honda akan membawa skuter matic andalan, mulai dari BeAT, Vario Series, serta varian big skutik PCX160 dan ADV160. Untuk motor sport, akan dipajang CB150 Streetfire, CBR150 dan CBR250RR. Sempat ada bocoran, kalau Honda juga akan melaunching motor baru di IMOS nanti.

Beralih ke merek motor Yamaha, pabrikan berlogo garpu tala ini membagi booth mereka dengan beberapa zona. Yaitu Zona Teknologi, di dalamnya terdapat Nmax Turbo, Maxi Area dan New Xmax Connected. Lalu ada Zona Klasik diisi varian Fino, New Fazzio dan Grand Filano. Serta Zona Motorsport ditempati R15 dan R25. Tak menutup kemungkinan, Yamaha juga akan merilis motor anyar, yang diprediksi adalah R25 terbaru.

Bagaimana dengan Suzuki? Produsen motor berlogo huruf S ini masih andalkan line-up skutik Address, Nex-II, Nex-II Crossover dan terbaru ada Burgman 125. Untuk jajaran motorsport ada GSX-R 150 dan GSX-SF 250. Tak ketinggalan V-Strom 250 SX dan motor terlaris mereka Satria F150. Walaupun belum ada tanda-tanda meluncurkan motor baru, namun Suzuki mengatakan bakal memberi kejutan di IMOS.

Pabrikan hijau Kawasaki, meramaikan IMOS dengan menyiapkan Zona Motorsport 150cc dan 250cc. Lalu Kawasaki juga akan memboyong  mainan baru ATV. Sejauh ini Kawasaki masih belum memberi kabar terkait produk baru. Namun sepertinya bakal ikutan launching sesuatu, mengingat Kawasaki sempat absen di IMOS Plus 2023.

Produk sepeda motor asal India, TVS, akan memboyong skutik model klasik maupun modern seperti Intellgo dan Callisto series. Pada Zona Cub atau motor bebek ada Rock, XR dan AM1, kemudian Zona motorsport seperti Max, Apache dan Ronin. Begitupula teknologi motor listrik iQube, akan disosialisasikan oleh pabrikan roda dua yang berusia lebih dari 100 tahun ini. Kabarnya pula, TVS akan memperkenalkan unit motorsport dan motor listrik baru.

Satu lagi, produk yang dahulu merek Inggris kini rasa India, Royal Enfield. Mereka masih unggulkan motor klasik seperti Bullet 350 dan 500. Motor adventure Himalayan juga masih jadi jagoan mereka. Diikuti motor sport seperti Hunter dan Continental, ikutan mejeng di IMOS nanti. Untuk produk baru, biasanya diperkenalkan edisi spesial.

Begitupula halnya Scomadi, kabarnya ingin merayakan setahun sejak kemunculannya di pasar Indonesia. Mereka memboyong produk motor klasik modern. Bisa jadi merek ini bakal turut memperkenalkan produk terbarunya, walaupun belum terendus aromanya.

Meriah Oleh Peserta Motor Listrik

Bergeser sejenak untuk melirik sejumlah produk motor listrik. Ada Electrum yang ikutan kali ini, memperkenalkan teknologi motor listrik mereka. Termasuk teknologi ekosistem kendaraan listrik, dengan baterai dan sistemnya. Kalau produk baru dari Electrum? Bisa jadi ada kejutan buat pengunjung IMOS BSD City.

Sebenarnya masih ada merek motor listrik lain seperti Alva, Horwin Inc, Ion Mobility, Polytron, VMove, Volta, dan ZPT. Tetapi untuk memberikan rasa penasaran masyarakat agar berkunjung ke pameran kendaraan roda dua bergengsi ini, merek-merek tersebut masih menginformasikan sebatas varian produk yang sudah ada sebelumnya. Untuk produk baru, lihat saja di IMOS nanti ya!


(uda)