Pameran Otomotif GIIAS 2022

Antusias Soal Teknologi Otomotif di Surabaya, Mulai Tinggi di GIIAS

Antusias orang-orang di pameran otomotif GIIAS Surabaya 2022, cukup tinggi dan melampaui ekspektasi. AG-Uda
Antusias orang-orang di pameran otomotif GIIAS Surabaya 2022, cukup tinggi dan melampaui ekspektasi. AG-Uda

Autogear.id – Rargam upaya untuk membuat industri otomotif kembali bangkit selalu dilakukan banyak pihak. Termasuk dalam hal pameran otomotif seperti GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2022 yang diselenggarakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) telah resmi berakhir pada Minggu (18/9/2022).

Asosiasi ini pun menyampaikan pencapaian positifnya. Demi tujuannya menunjukkan masa depan industri otomotif, sesuai dengan tema yang diusung yaitu The Future is Bright. Kehadiran GIIAS Surabaya 2022 juga mendapatkan apresiasi dan dukungan penuh dari Pemerintah Republik Indonesia, khususnya Kementerian Perindustrian. 

“Kami berharap GIIAS dapat mendorong tercapainya Green Mobility dalam industri otomotif Indonesia. Green Mobility menjadi titik berat manufaktur untuk menghasilkan kendaraan yang ramah lingkungan dengan berbagai kemajuan teknologi, sehingga sektor otomotif dapat mendukung target Carbon Neutral di tahun 2060,” ujar Menteri Perindustrian pada sambutannya yang dibacakan oleh Dirjen ILMATE, Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier.

Menurut Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi, angka keingintahuan masyarakat yang sangat tinggi pada GIIAS di ICE-BSD City menjadi alasan mereka fokus pada teknologi otomotif masa depan. Yakni kendaraan listrik di GIIAS Surabaya 2022, yang diharapkan akan memberikan informasi dan edukasi yang tepat kepada masyarakat Jawa Timur. 

Baca Juga:
Belum Bosan, Suzuki Masih Tawarkan Satria F150 Special Edition

“Antusiasme masyarakat Jawa Timur terhadap mobil listrik ternyata juga sangat tinggi, lebih dari 30 ribu pengunjung yang hadir selama 5 hari penyelenggaraan tentu sangat kami banggakan, dan tentunya memberikan dorongan signifikan bagi pencapaian industri otomotif,” ungkap Nangoi dalam keterangan resminya pada Rabu (21/9/2022).
 
Antusiasme Tinggi Masyarakat Jawa Timur
Penyelenggaraan pameran tersebut di timur Jawa kali ini terbukti menjadi magnet untuk para pecinta otomotif di Jawa Timur, dengan kehadiran 32.658 pengunjung sepanjang GIIAS Surabaya 2022, naik 25% dari angka pengunjung pada tahun 2021 lalu.
 
“Antusiasme masyarakat Jawa Timur terhadap mobil listrik sangat luar biasa, kenaikan pengunjung yang hadir juga luar biasa. Kembalinya antusiasme pengunjung terhadap pameran otomotif berarti pencapaian industri juga akan meningkat,” jelas Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS 2022, Rizwan Alamsjah. 

Apresiasi tertinggi juga diberikan untuk seluruh peserta yang telah bergabung untuk memeriahkan ajang GIIAS Surabaya 2022, yakni Audi, Daihatsu, Honda, Hyundai, Kia, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling. Serta Honda Motor, Benelli, Keeway, Autovision dan Servvo dari industri pendukung otomotif.

Baca Juga:
Suaranya Nyaris Tak Terdengar, Amankah EV Dipakai di Lalu Lintas Padat?

 
Favourite car dengan kategori EV berhasil diboyong Hyundai Ioniq 5, kategori MPV adalah Hyundai Stargazer, kategori SUV adalah Lexus RX HEV, kategori Sedan adalah MG 5 GT. Untuk favourite motorcycle dimenangkan oleh Honda CMX500 Rebel untuk kategori Big Bike 250 cc dan Honda ADV 160 untuk kategori Daily Bike.
 
Selain itu, GIIAS juga memberikan penghargaan pada kategori most driven car atau mobil yang paling banyak dikendarai melalui program Test Drive GIIAS Surabaya kepada Wuling Air EV. Tentunya hal tersebut membuktikan bahwa minat pada kendaraan listrik pada masyarakat Jawa Timur juga sangat tinggi.
 
GIIAS The Series 2022 Berlanjut ke Medan
Rangkaian GIIAS The Series masih belum selesai, selanjutnya mereka akan kembali menyapa pecinta otomotif di kota-kota strategis lainnya di Indonesia. Kota selanjutnya yang bakal jadi tujuan adalah Medan. Teknologi kendaraan masa depan berbasis listrik juga akan dipamerkan kepada pecinta otomotif di Medan pada 5 – 9 Oktober 2022 di Santika Premier Hotel and Convention. 


(uda)