Autogear.id – Daihatsu catatkan penjualan ritel selama 5 bulan sebesar 76.313 unit. Secara volume dan kontribusi, penjualan Daihatsu hingga Mei 2024 didominasi 3 model, yaitu Astra Daihatsu Sigra sebanyak 25.674 unit, atau berkontribusi sebesar 33,6 persen. Disusul Gran Max Pick Up (PU) sebanyak 17.747 unit atau 23,3 persen, dan Terios sebanyak 9.590 unit atau 12,6 persen.
Sebagaimana diketahui, penjualan ritel otomotif nasional selama 5 bulan mencapai sekitar 361 ribu unit. Sehingga, kontribusi penjualan Daihatsu terhadap market share otomotif nasional sebesar 21,1 persen, atau naik sebesar 0,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yakni sebesar 20,6 persen.
Dalam hal penjualan model, terdapat 3 model Daihatsu yang banyak menjadi pilihan. Mulai dari Sigra dengan kontribusi 61 persen di segmen pasar LCGC MPV, disusul Gran Max PU sebesar 56 persen dari segmen PU Low, dan Gran Max Mini Bus (MB) sebesar 91 persen dari segmen pasar Low Semi Commercial, dengan total penjualan 6.032 unit.
Capaian penjualan ini diklaim Daihatsu diperoleh berkat dukungan beragam kemudahan dalam memiliki mobil baru. Mulai dari fasilitas trade-in, kemudahan pembelian secara kredit dari perusahaan leasing sesuai kebutuhan, serta beragam layanan purna jual untuk kemudahan perawatan.
“Kami bersyukur, hingga Mei 2024 Daihatsu terus mendapat kepercayaan dari pelanggan di seluruh Indonesia. Kami terus berusaha menghadirkan beragam penawaran dan layanan terbaik kepada konsumen, sesuai kebutuhan. Semoga pasar otomotif tahun ini dapat tetap bertumbuh,” ujar Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation, Tri Mulyono.
(uda)