Formula 1 Jepang 2022

Verstappen Kunci Juara Dunia di F1 Jepang, Leclerc Gigit Jari

Max Verstappen akhirnya kunci titel juara dunia di F1 Jepang dengan dikenakannya sanksi penalti 5 detik ke Charles Leclerc karena memotong jalur di chicane terakhir. RedBull CP
Max Verstappen akhirnya kunci titel juara dunia di F1 Jepang dengan dikenakannya sanksi penalti 5 detik ke Charles Leclerc karena memotong jalur di chicane terakhir. RedBull CP

Autogear.id - Ambisi Max Verstappen untuk memenangi titel juara dunia di Formula 1 Jepang, memang diluar ekspektasi. Meski meraih kemenangan telak dengan selisih waktu finish dari Charles Leclerc sebesar 27 detik, namun Ia tak mencetak poin tambahan untuk lap tercepat. Hingga akhirnya Ia pun harus bersabar untuk pesta kemenangan titel juara dunianya yang kedua. 

Namun ketika sedang menjalani sesi wawancara di parc ferme, ada pengumuman terbaru dari direktur balap F1 Jepang yang menetapkan bahwa Charles Leclerc dikenakan sanksi yaitu penalti 5 detik karena keluar trek dan di chicane dan saat masuk kembali, Ia membahayakan posisi pembalap lain. Hal ini dianggap sebagai pelanggaran peraturan mengingat Ia bisa dibilang potong jalur.

Hal ini membuat Verstappen harus kembali menjalani sesi wawancara dan mengoreksi hasil sesi wawancara di sesi pertama yang Ia lakukan. "Apa yang akan saya katakan, saya jujur juga sangat kaget dengan hal itu, karena saya tidak tahu apa yang terjadi di belakang hingga pada saat Sergio Perez menjelaskan kejadian yang sebenarnya," ujar Verstappen. 

Namun Ia merasa sangat senang karena tak menyangka jika momentumnya benar-benar terjadi, bahkan setelah balapan sudah dinyatakan finish. Keajaiban itu malah datang melalui keputusan sanksi yang dijatuhkan direktur balap dengan memberikan Leclerc penalti 5 detik. Ia pun harus pasrah finish di belakang Perez.

Baca Juga:
Pembalap AHRT Kuasai 2 Kelas di Race-1 ARRC Malaysia

"Ya memang cukup disayangkan dengan adanya penalti ini, tapi kalau soal dikuncinya titel juara dunia oleh Max, ya sebenarnya itu tinggal menunggu waktu saja. Toh poinnya di klasemen juga sangat besar. Tapi kami akan tetap berupaya sekuat tenaga hingga musim berakhir agar mobil kami bisa tetap tampil lebih maksimal," papar Leclerc.

Sementara Sergio Perez yang akhirnya finish di urutan kedua, kali ini terlihat sangat tenang menjalani balapan. Beberapa kali melakukan tekanan terhadap Leclerc bahkan nyaris keluar dari trek, Ia benar-benar menjalani balapan dengan baik. Ia pun optimis di seri-seri berikutnya bisa tetap tampil kompetitif dan kembali merebut kemenangan di sirkuit yang lain.

Tersisa 4 seri lagi yang akan dijalani oleh para pembalap, yaitu F1 COTA Amerika, F1 Meksiko, F1 Sao Paulo Brasil, dan seri terakhir F1 Abu Dhabi. Total poin yang harus diperebutkan adalah 100 poin namun kini Verstappen sudah unggul 103 poin dari pembalap kedua di klasemen yaitu rekan setimnya sendiri yaitu Checo. Kini tinggal berupaya keras agar rekan setimnya pun berhasil mengunci posisi kedua di klasemen. 

Hasil Balap F1 Jepang 2022:
1. Max Verstappen, BEL, Red Bull Racing
2. Sergio Perez, MEK, Red Bull Racing
3. Charles Leclerc, MON, Scuderia Ferrari


(uda)