Land Cruiser Jokowi yang Terabas Banjir Kalsel Kini Diburu Warga AS

Mobil dinas Presiden Jokowi terjang banjir di Banjar, Kalsel (Foto: antara/bayu pratama)
Mobil dinas Presiden Jokowi terjang banjir di Banjar, Kalsel (Foto: antara/bayu pratama)

Autogear.id: Toyota Land Cruiser yang digunakan rombongan Presiden Joko Widodo saat menerjang banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) mencuri perhatian warga Amerika Serikat. Mereka pun ramai berburu mobil kenegaraan Presiden Jokowi tersebut.

Diketahui, Jokowi memakai mobil Toyota Land Cruiser saat menerjang banjir di Kalsel. Kejadian itu lantas viral dan membuat penjualan SUV Jepang itu meningkat pesat di Amerika.

Penjualan Land Cruiser di Amerika pada Januari 2021 meningkat 221 persen dibandungkan Desember 2020. Tercatat setidaknya 660 unit mobil terjual di Amerika pada Desember 2020.

Selain dianggap tangguh, peningkatan penjualan itu akibat kabar akan berhentinya produksi Land Cruiser di Amerika. Sehingga animo pembelian SUV tersebut terus meningkat di negara Paman Sam. 

"Peningkatan penjualan Land Cruiser dipastikan karena keputusan kami tidak menjual lagi mobil ini. Sehingga banyak yang mencari stok sisa," bunyi pernyataan Toyota America melansir Car and Driver. 

Naiknya penjualan Land Cruiser tak mempengaruhi minat warga Amerika meski mobil itu dibanderol cukup tinggi. Untuk bisa membawa pulang mobil tersebut, konsumen harus menebus seharga USD86.000 (setara Rp1,18 miliar). 

Usai menyetop produksi Land Cruiser, Toyota Amerika pun telah menyiapkan penggantinya. Kabarnya pihak ATPM akan merilis Toyota Tundra sebagai pengganti saudara tuanya tersebut. 

Meski begitu, warga Amerika yakin Toyota akan menghidupkan kembali Land Cruiser di masa mendatang. Mengingat Toyota kerap melakukan hal serupa bagi pasar Amerika. 

Salah satunya adalah lahirnya kembali Toyota Supra, serta Toyota Venza yang sempat dihentikan produksinya pada 2015 dan akan kembali hadir tahun ini. 

sumber: medcom.id


(uda)