Jakarta Auto Week 2022

Tanpa Insentif PPnBM, Ini Strategi Mitsubishi Dalam Menjaga Momentum

Mitsubishi punya trik sendiri meski produknya mayoritas tak mendapat insentif PPnBM, namun mereka tak kalah dalah hal performa penjualan. AG-Alun S
Mitsubishi punya trik sendiri meski produknya mayoritas tak mendapat insentif PPnBM, namun mereka tak kalah dalah hal performa penjualan. AG-Alun S

Autogear.id – Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) turut meramaikan ajang Jakarta Auto Week (JAW) 2022, yang berlangsung sejak 12 – 20 Maret di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Pada pameran JAW yang baru pertama kali diselenggarakan oleh Gaikindo ini, booth Mitsubishi Motors yang berada di Hall A3 memajang line up unggulan. Mulai dari New Xpander, New Xpander Cross, New Pajero Sport, dan Outlander PHEV.

Menyoal model Mitsubishi Xpander di tahun 2022, menurut pihak MMKSI memasuki awal tahun ini memiliki start yang bagus sebagai mobil terlaris. Karenanya, Mitsubishi Motors tetap menjaga momentum, kendati selama Januari dan Februari 2022 masih terkena imbas PPnBM.

“Memang untuk Region 1, saat mendapat insentif PPnBM, kenaikan penjualan mengalami peningkatan 47 persen. Tanpa PPnBM, terkoreksi hingga mencapai 35 persen,” kata Head of Sales Region 1 PT MMKSI, Ilham Iranda Syahputra, dalam keterangan persnya.

Lanjut Ilham, ada beberapa strategi yang diterapkan Mitsubishi Motors dalam menjaga momentum tersebut. Antara lain online gathering pelanggan, kemudian mencari tempat mengadakan aktivitas, open table dan test drive. Selain itu ada juga sejumlah event di outlet-outlet Mitsubishi Motors. Dimana pelanggan berkesempatan melihat dan mencoba kendaraan di area dealer. Mitsubishi Motors kata Ilham, juga mengadakan kegiatan semacam delivery ceremony.

Baca Juga:
Momen Libur Akan Tiba, Manfaatkan Momen di Pekan Terakhir JAW 2022

“Bentuk kegiatan tersebut, misalnya pelanggan membeli unit dengan datang ke dealer, dan kami buatkan upacara penyerahan serta sesi foto. Sangat menyenangkan. Sebagai upaya meningkatkan dan menjaga emosi konsumen, agar penjualan tetap baik,” terangnya.

Lewat adanya penyelenggaraan pameran JAW, diharapkan juga penjualan bisa lebih digenjot melalui berbagai program penawaran yang dimiliki. “Mudah-mudahan bisa kembali menjadi stimulus. Apalagi menjelang Lebaran Idul Fitri yang sudah di depan mata. Momen yang baik bagi pelanggan untuk melakukan pembelian,” tukas Ilham.

Dengan adanya pameran JAW dan kegiatan sejenis lainnya, Mitsubishi berharap bisa mendapatkan tambahan SPK 25 persen. Untuk market share area Jabodetabek Banten per bulan berada di angka 3100 - 3200 unit. Dapat dielaborasi lagi, kontribusi Xpander mencapai 1.900 an unit per bulan. Sedangkan Pajero 600-an unit per bulan.

“Untuk market share, Mitsubishi Motors Region 1 tetap mengacu pada nasional. Dimana kontribusi Mitsubishi Motors wilayah Jabodetabek Banten berkontribusi kurang lebih 40 persen untuk market share nasional," pungkasnya.


(uda)