Mobil Baru

Kejutaaan...! Chery Resmi Produksi Omoda 5 Incar Pasar Setir Kanan

Cherry Omoda 5 resmi diproduksi dan bidik pasar otomotif dunia yang memiliki sistem pengendaraan right hand atau kemudi sebelah kanan. Cherry Indonesia
Cherry Omoda 5 resmi diproduksi dan bidik pasar otomotif dunia yang memiliki sistem pengendaraan right hand atau kemudi sebelah kanan. Cherry Indonesia

Autogear.id – Untuk pertama kalinya unit Sport Utility Vehicle (SUV) Omoda 5 diluncurkan dari line produksi di kantor pusat manufaktur Chery di Wuhu, Provinsi Anhui, Cina (8/2/2022). Omoda sendiri merupakan seri produk global terbaru dari Chery, dan SUV Omoda 5 adalah model dan produk global pertama di bawah era Chery 4.0.

Chairman Chery Automobile Co.,Ltd, Yin Tongyue mengatakan, Omoda 5 begitu penting karena merupakan model global pertama perusahaan, yang dikembangkan berdasarkan permintaan internasional. Dikatakan Tongyue, Omoda 5 hadir sebagai produk utama untuk masuk ke pasar uni Eropa dan pasar penggerak kanan. “Kami berharap Omoda 5 akan menjadi standar baru Chery, dalam hal kepuasan pelanggan, daya saing, pandangan digital, manufaktur dan kualitas,” ucapnya.

Dikembangkan selama 18 bulan untuk menjadi produk global, sejak debut perdananya di Guangzhou Auto Show, Nopember 2021, Omoda 5 diakui Chery telah menerima respon positif di pasar otomotif China maupun luar negeri.

“Omoda 5 mewakili wawasan dan pemahaman Chery tentang perubahan dan globalisasi. Menargetkan konsumen muda di kelompok usia 25-30 tahun”, terang Tongyue.

Baca Juga:
All New Toyota Voxy Kian Ciamik, Apa yang Baru?

Indonesia pun dipastikan menjadi target market Omoda 5. Kendati untuk awal, tujuan pasar internasional Omoda 5 adalah Rusia, diikuti uni Eropa. Selanjutnya negara dengan pasar mobil setir kanan, seperti Indonesia, Australia, Malaysia dan lainnya.

Marketing and Product Director PT Chery Motor Indonesia, Qin Gang menegaskan, perusahaannya berharap Omoda 5 bisa menjadi pengalaman pembelian dan pilihan baru, yang lebih baik bagi konsumen, khususnya generasi muda di Indonesia. Omoda 5 hadir dengan desain futuristis, terlihat dari penampilan gril depan yang besar dan lampu yang tipis. Buritannya pun dibentuk agresif dengan sudut-sudut tajam.

Secara dimensi, Omoda 5 memiliki panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.585 mm, dan jarak sumbu roda 2.630 mm. Agak lebih besar dari Honda HR-V dan Hyundai Creta. Untuk urusan jantung mekanis, seperti dilansir dari Autohome CN, Minggu (6/2/2022), Omoda 5 dibekali mesin TGDI 1.600 cc 4 silinder berbahan bakar bensin. Performanya, diklaim mencapai 197 dk dan 290 Nm.

Untuk informasi, mesin bensin TGDI yang disematkan pada Omoda 5 adalah singkatan dari Turbocharged Gasoline Direct Injection. Artinya, bensin disuntikkan langsung ke dalam ruang pembakaran. Infonya lagi, Chery juga sedang merancang Omoda 5 varian hybrid, dan kendaraan listrik berbasis baterai.


(uda)