Porsche Bareng Multimatic Garap Mobil Balap Le Mans Daytona Hybrid 

Sketsa mobil balap Le Mans Daytona Hybrid (LMDh) garapan Porsche Motorsport dan Multimatic (Porsche Motorsports)
Sketsa mobil balap Le Mans Daytona Hybrid (LMDh) garapan Porsche Motorsport dan Multimatic (Porsche Motorsports)

Autogear.id - Tahun 2023 mendatang, prototipe balap yang dilengkapi sistem powertrain hybrid akan bersaing di kejuaraan mobil sport dunia; FIA World Endurance Championship WEC dan IMSA WeatherTech SportsCar Championship, Amerika Utara.

Dalam menyambutnya, Porsche berinisiatif menggandeng Multimatic untuk membangun sebuah mobil balap Le Mans Daytona Hybrid (LMDh). Karena di mata Porsche Motorsport, sasis Multimatic telah dipilih sebagai dasar pengembangan prototipe LMDh Porsche.

Dikatakan pula, LMDh Porsche juga akan bersaing memperebutkan kemenangan menyeluruh pada ajang endurance classics di Daytona, Sebring dan Le Mans, tahun 2023 nanti. Sementara mobil-mobil pabrikannya akan digunakan tim Porsche Penske Motorsport, yang baru-baru ini diresmikan.

"Multimatic adalah solusi paling jelas dan logis bagi kami," kata Fritz Enzinger, Wakil Presiden Porsche Motorsport dalam keterangannya (21/5).

Menurutnya, Porsche Motorsport telah mengenal perusahaan tersebut sejak lama. Dengan tim profesional, serta pengalaman bertahun-tahun dalam menghasilkan karya-karya berkualitas.
 
"Kami tidak perlu menjalin hubungan bisnis yang benar-benar baru. Melainkan langsung saja bekerja. Karena menurut kami itu sangat penting, dan lebih dibutuhkan ketika kita ingin mengembangkan sebuah mobil balap baru,” jelas Enzinger.

Sementara Larry Holt, Executive Vice President, Operasi Kendaraan Khusus Multimatic menegaskan, kemitraan dengan Porsche Motorsport merupakan puncak dari 30 tahun membangun keahlian di bidang rekayasa dan pengembangan kendaraan kompetisi.

“Jelas merupakan sebuah kehormatan dipilih oleh Porsche, untuk menyambut babak berikutnya dalam kompetisi prototipe hybrid global,” kata Holt yang juga menyampaikan konsep LMDh, dan konvergensi aturan antara kejuaraan FIA WEC dan IMSA belum pernah terjadi sebelumnya.

"Komitmen Multimatic untuk model baru ini kami jamin akan dipersiapkan menyeluruh. Kolaborasi antara Multimatic dan Porsche Motorsport terbukti berjalan mulus. Antusiasme tim terlihat jelas di setiap pertemuan yang kami lakukan,” imbuhnya.

Peraturan untuk kategori LMDh menetapkan, semua prototipe di kelas atas yang baru, harus didasarkan pada sasis salah satu dari empat pabrikan yang disetujui. Yaitu Multimatic, Oreca, Dallara dan Ligier. Dimana Porsche memutuskan menggandeng Multimatic.

Sebenarnya bukan hanya dengan Porsche Motorsport pabrikan sasis Multimatic menjalin kerja sama. Audi, sebagai anak perusahaan Grup Volkswagen juga berkolaborasi dengan mereka. Yang seperti dikatakan Holt, akan menghasilkan efek sinergi lebih positif dalam pengembangan mobil balap baru tersebut.


(acf)