Sektor Otomotif Kejar Herd Immunity Lewat Percepatan dan Pemerataan Vaksin

Herd immunity diharapkan dapat segera terbentuk di seluruh wilayah Indonesia (Foto: Evalube)
Herd immunity diharapkan dapat segera terbentuk di seluruh wilayah Indonesia (Foto: Evalube)

Autogear.id - Semua wilayah di Tanah Air terus menggencarkan program vaksinasi, demi menekan laju penyebaran Covid-19, yang bersyukurnya data di lapangan menunjukkan jumlah penderita yang terus mengalami penurunan secara signifikan.

Memang pemerintah sempat mencatat data kasus terkonfirmasi positif virus corona, Senin (13/9) bertambah 2.577 kasus. Namun dibandingkan selama bulan Mei hingga Juli 2021, jumlah penambahan kasus positif covid bisa dikatakan berkurang jauh. 

Alhasil, demi mengantisipasi terjadinya kembali lonjakan kasus, protokol kesehatan (prokes) tetap harus dijaga, dan jumlah masyarakat yang harus divaksin semakin ditingkatkan. Besar harapan, program vaksinasi yang terus digenjot ini dapat mewujudkan terjadinya peningkatan herd immnunity, atau kekebalan kelompok masyarakat.

Termasuk di lingkungan industri otomotif, yang melibatkan banyak tenaga kerja di dalamnya. Sejauh ini vaksinasi Covid-19 memang terus digalakkan di lingkungan industri otomotif dan sektor pendukungnya. 

Contohnya beberapa pabrikan otomotif, mulai dari Toyota, Mitsubishi, Evalube dan sebagainya, yang menggelar program vaksinasi. Terutama diperuntukkan bagi karyawan dan masyarakat lingkungan sekitar industri. 

Apa yang dilakukan Evalube, melalui program vaksinasi tahap pertama vaksin Sinovac ini, selain membuat pandemi Covid-19 tertangani dengan baik, juga herd immunity bisa terbentuk optimal. 

Diharapkan pula, program vaksinasi bisa tersebar merata, tidak hanya di wilayah Jakarta. Karena dalam kegiatannya, di samping menyasar masyarakat sekitar pabrik di Bekasi, merek pelumas nasional tersebut turut menggandeng Kamar Dagang dan Industri (Kadin), serta Polres Metro Bekasi. 

“Kami berinisiatif mendukung penuh program pemerintah untuk mencapai target vaksinasi masyarakat Indonesia dan berharap banyak pihak dapat tergerak melakukan kegiatan vaksinasi ini,” ujar Yomie Harlin, Commercial Director Evalube dalam keterangan persnya, Senin (13/9).  

Yomie menerangkan, seperti yang sudah-sudah di tempat lain, sebelum melakukan vaksinasi peserta harus selalu dalam kondisi sehat dan tidak dalam pengobatan apapun. Peserta terdaftar juga untuk melakukan pemeriksaan medis singkat (screening), melalui wawancara dengan petugas kesehatan. Tak ketinggalan, dilakukan pemeriksaan fisik yang meliputi tensi darah serta suhu tubuh. 

"Selama memasuki area operasional Evalube dan proses vaksinasi, peserta wajib menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Seluruh tenaga kesehatan dan panitia yang bertugas, juga dipastikan dalam keadaan sehat, dan tetap mengikuti protokol kesehatan, seperti menjaga jarak dan menggunakan masker," katanya. 

Selanjutnya, pelaksanaan vaksinasi dosis kedua akan kembali digelar di pabrik pada 1 Oktober 2021. Peserta nantinya harus menunjukkan bukti vaksin pertama.

“Kami percaya dengan kolaborasi pelaksanaan vaksinasi ini bisa berdampak positif bagi masyarakat sekitar. Mari sama-sama memanfaatkan momentum ini, untuk kembali bangkit melawan pandemi," ujar Ivan Rastianto, Manager Marketing Evalube.


(acf)