Keselamatan Berkendara

Puluhan Bikers Kota Kembang Dapat Penyegaran Teknik Berkendara

Bikers Honda di Jawa Barat dapat penyegaran ilmu keselamatan saat berkendara di jalan raya dengan mengikuti safety riding course. DAM
Bikers Honda di Jawa Barat dapat penyegaran ilmu keselamatan saat berkendara di jalan raya dengan mengikuti safety riding course. DAM

Autogear.id – Paguyuban klub motor Honda yang ada di Kota Kembang, Bandung, Jawa Barat (Jabar) yakni Ikatan Motor Honda Bandung (IMHB) baru saja mendapatkan penyegaran tata cara dan perilaku berkendara di jalan, berupa pelatihan keselamatan berkendara, di Gedung Safety Riding Center, Bandung, Jabar, Minggu (6/3/2022).

Sejumlah bikers yang merupakan perwakilan dari klub dan komunitas motor Honda di bawah naungan IMHB mengikuti pelatihan keselamatan berkendara yang diselenggarakan oleh PT Daya Adicipta Motora (DAM), main dealer motor dan suku cadang Honda di wilayah Jabar.

Promotion Dept. Head DAM, Demmy Firmansyah menjelaskan, pelatihan yang diadakan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, akan pentingnya keselamatan dalam berkendara. Sekaligus meningkatkan kemampuan dasar dalam berkendara, serta selalu menjadikan para anggota komunitas dan klub motor Honda sebagai pelopor keselamatan berkendara di jalan raya.

Kendati dilakukan secara offline, namun pelatihan keselamatan berkendara ini tetap diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Mulai dari kapasitas peserta, wajib menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Baca Juga:
Enea Bastianini Bikin Bahagia Gresini Racing dan Indonesia

“Bahkan setiap 30 menit sekali, ketika berlangsung pelatihan di dalam ruangan kelas, para peserta diwajibkan keluar ruangan sejenak, untuk menghirup udara segar. Barulah kemudian melanjutkan kembali materi di dalam kelas”, ungkap Demmy.

Mengenai materi pelatihan keselamatan berkendara, para peserta mendapatkan pelatihan secara teori dan praktek dari para instruktur safety riding DAM. Materi yang diberikan antara lain seputar perlengkapan, hingga teknik dasar berkendara. Mulai dari teknik dasar mengerem, menikung dan menjaga keseimbangan berkendara motor.

“Selain itu hal yang paling ditekankan dalam pelatihan ini adalah mengenai meningkatkan kesadaran para anggota komunitas, untuk selalu sadar akan pentingnya menjaga keselamatan dalam berkendara”, tukasnya.

Karena menurut Demmy, para anggota komunitas dan klub membawa identitasnya masing-masing, maupun membawa nama Honda yang harus menjadi pelopor, atau contoh bagi pengendara yang lain di jalan raya.


(uda)