MotoGP

Tim VR46 Milik Rossi Dapat Suntikan Dana Pangeran Arab

Tampilan livery tim VR46 Aramco. VR46
Tampilan livery tim VR46 Aramco. VR46

Autogear.id: Tim balap milik Valentino Rossi, VR46 dipastikan mendapat dukungan dari perusahaan raksasa asal Arab Saudi yakni Saudi Aramco. Saudi Aramco akan menjadi sponsor utama tim VR46 mulai tahun 2022 hingga 2026. 
 
"Pada 2022 Tim VR46 akan debut di kelas MotoGP bersama Tanal Entertainment Sport & Media dengan Saudi Aramco sebagai sponsor utama untuk periode 2022-2026," jelas keterangan resmi VR46 dikutip dari Crash, Rabu 28 April 2021. 
 
Kesepakatan Aramco-VR46 termasuk melanjutkan Moto2, dan nantinya branding Saudi secara efektif menggantikan Sky Italia pada motor VR46.
 
Mulai musim ini pula, VR46 Team baik di MotoGP atau Moto2 mendapat sponsor dari Tanal Entertaiment Sport & Media, perusahaan milik Pangeran Abdulaziz bin Abdullah Al Saud.
 
Perusahaan tersebut sedang giat mempromosikan 'Saudi Vision 2030', yang fokus pada pariwisata Arab Saudi, industri konstruksi, dan teknologi ramah lingkungan. 

Chief Executive Officer (CEO) VR46, Alberto Tebaldi menyatakan pembicaraan VR46 dengan Tanal Entertaiment Sport & Media sudah dilakukan sejak Juni 2019.
 
"Dua tahun lalu, tepatnya Juni 2019, saya bertemu arsitek Marco Bernardini, yang juga orang kepercayaan Pangeran Saudi untuk proyek Saudi Vision 2030, yang telah melibatkan konstruksi di tiga kota," kata Tebaldi dikutip dari GPOne. 
 
Dari sana, ide kerjasama terus mengalir termasuk gagasan sebagai sponsor pada VR46 di MotoGP dan Moto2. Namun, pada Rabu 28 April 2021, Tanal Entertaiment Sport & Media resmi mengumumkan bahwa Saudi Aramco akan sponsor utama VR46.
 
"Kami membicarakan sinergi dari semua rangkaian program kerja sama, sampai akhirnya kami pikir bakal menyenangkan jika komitmen ini diperluas ke level olahraga. Ide ini pun kami teruskan hingga tim kami mendapatkan sponsor dari mereka mulai tahun ini," ucapnya.
 
Menurut Tebaldi, bermitra dengan perusahaan raksasa global menjadi impian di dunia olahraga internasional karena dengan dukungan dana besar mereka bisa menjalankan proyek-proyek hebat di masa depan. Bukan tidak mungkin, ke depannya VR46 bisa jauh lebih besar ketimbang tim-tim pabrikan di MotoGP saat ini. 
 
"Bagi orang yang seperti kami, yang mengejar impian di dunia olahraga profesional, sangat penting punya mitra seperti ini yang bisa membuat kami punya kekuatan menjalankan proyek," tutupnya.


(uda)