Wawasan Otomotif

Mobil AWD vs RWD saat 'Aquaplaning', Simak Penjelasannya

Perbedaan mobil sistem All Wheel Drive dengan Rear Wheel Drive ketika melibas genangan. ig/kblock43
Perbedaan mobil sistem All Wheel Drive dengan Rear Wheel Drive ketika melibas genangan. ig/kblock43

Autogear.id: Perbedaan mengenai kendaraan sistem penggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD) dengan sistem penggerak empat roda atau All Wheel Drive (AWD) mungkin sudah dipahami banyak orang. 

Namun pada dasarnya perbedaan antara RWD dengan AWD akan sangat terlihat jelas jika kita melihat dan membuktikan langsung fungsi dari kinerja masing-masing sistem dalam kondisi tertentu. 

Seperti video yang diposting oleh pereli sekaligus master Gymkhana asal Amerika Serikat, Ken Block. Dalam video berdurasi pendek tersebut, Ken Block membandingkan respon dari kendaraan berjenis sama namun dengan sistem gerak roda berbeda pada jalan offroad yang digenangi air. 

Terlihat jelas, mobil dengan sistem AWD jauh lebih mumpuni dan lebih mudah dikendalikan ketimbang mobil dengan sistem RWD. Tak hanya itu, saat melibas genangan air, mobil sistem AWD cenderung lebih stabil di situasi 'aquaplaning' atau situasi dimana genangan air menjadi pembatas antara ban dan permukaan lintasan. 

 

Lalu kenapa hal tersebut bisa terjadi? Pereli senior Rifat Sungkar menjelaskan bahwa untuk lintasan offroad, mobil dengan sistem gerak 4 roda (AWD) lebih unggul karena keempat rodanya sama mencengkram permukaan lintasan. 

"Yang 4 roda lebih nge-grip. Tapi perlu diperjelas yang namanya penggerak empat roda itu ada macam-macam ada All wheel drive (AWD), ada Four Wheel Drive (4WD), full time, part time. Pada dasarnya seperti itu," jelas Rifat kepada Autogear.id.

"Saat aquaplaning, bisa dilihat kalau AWD tetap ada kontrol. Di aquaplaning itu yang paling menderita adalah bagian depan karena membuat bagian depan mobil terangkat lalu menyusul ban belakang. Makanya mobil AWD atau 4WD justru paling aman karena empat ban masing-masing akan mencari gripnya. Karena gripnya di empat roda otomatis punya daya lurus yang lebih baik karena yang depan narik, yang belakang tetap ngedorong ke depan. Aquaplaning juga bisa bikin mobil side ways, saat side ways counternya itu yang biasanya bahaya. Sementara di mobil 4WD counternya itu sedikit," lanjut Rifat. 

Suami dari aktris Sissy Priscilia ini menambahkan bahwa cara kerja dan fungsi AWD/4WD inilah yang menjadi alasan kenapa mobil rally atau speed offroad memakai sistem gerak empat roda tersebut. 

"Saya aja dulu pas jaman Speed Offroad pakai Pajero selalu pilih pakai 4WD full time. Karena saya tahu setiap ketemu genangan mobilnya nggak narik kemana-mana, mantep aja tuh mobil. Jadi mobil 4WD banyak keunggulannya dibandingin 2WD," beber Rifat. 
 


(uda)