Bangga Indonesia! Federal Oil Lanjutkan Kerjasama dengan Gresini dan Mentas di MotoGP 2022

 Pembalap Gresini Racing yang didukung Federal Oil, Fabio Di Giannantonio (Foto: IG fabiodiggia21)
Pembalap Gresini Racing yang didukung Federal Oil, Fabio Di Giannantonio (Foto: IG fabiodiggia21)

Autogear.id - Federal Oil, sebagai salah satu raksasa industri pelumas sepeda motor Indonesia, terus menunjukkan eksistensinya di ajang balap internasional. Setelah Moto2, kini Federal Oil akan ikut berpartisipasi di kelas paling bergengsi, MotoGP.

Setelah eksis bertarung di kelas Moto2 selama 10 tahun, Federal Oil melalui Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2) akan ambil bagian pada ajang MotoGP 2022. Federal Oil, tetap menjadi salah satu sponsor tim Gresini Racing pada tahun depan.
 
Diketahui, Gresini Racing serta Federal Oil telah memulai jalinan kemitraan sejak 2012 silam. Dimana perusahaan Tanah Air itu berpredikat sebagai sponsor utama di kelas Moto2. Selama bersinergi, duet Federal Oil dan Gresini telah menikmati deretan kesuksesan. Sebut saja dua kemenangan Sam Lowes pada 2016.

Lalu podium tertinggi yang dicetak Fabio Di Giannantonio di Jerez. Serta yang terbaru adalah ketika pembalap yang akrab disapa Diggia itu sukses membuat bangga Indonesia (Federal Oil). Dengan menuntaskan laga di podium ke-2 pada Moto2 Amerika 2021, Minggu (3/10).

Sekilas capaian yang diraih Diggia pada Moto2 Amerika 2021. Ia yang memulai start dari posisi ketiga, terus mempertahankan posisinya sepanjang balapan. Bahkan Diggia berhasil merangsek ke posisi kedua, di belakang Raul Fernandez. 

Diggia konsisten selesaikan 18 lap di Circuit of the America (COTA), dan hanya terpaut 1,734 detik dari pemenang lomba. Podium kali ini juga membawa dirinya memperbaiki peringkat di klasemen sementara Moto2 2021, yaitu ke posisi enam dengan total 128 poin. 

Patrick Adhiatmadja Executive Chairman PT Federal Karyatama dan PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, seperti dilansir sejumlah media, Minggu (3/10) mengatakan, podium yang diraih Diggia kali ini menegaskan, bahwa tim FOGM2 menunjukkan kualitas yang mengesankan, serta layak naik podium kemenangan. 

Marketing Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia Pablo Conrad juga menyampaikan apresiasinya. "Selamat Diggia, seluruh konsumen Federal Oil bangga atas podium yang dicapai. Kami rayakan kemenangan ini, dan terus memberi dukungan bagi seluruh tim FOGM2! Teruslah membalap dengan hati dan bikin bangga Indonesia," serunya.

Selanjutnya, Diggia dan Bulega akan berlaga di Sirkuit Emillia Romagna, Misano (24/10). Diharapkan menjadi kesempatan bagi mereka untuk menambah poin penting, dengan finis di posisi terbaik.

“Seri berikutnya, ke sirkuit Misano lagi. Berharap semangat kemenangan kedua pembalap FOGM2 masih diusung. Apalagi mengingat Misano merupakan sirkuit kampung halaman Diggia," ungkap Patrick. 

Kembali bicara MotoGP, dalam sebuah rilis resminya beberapa waktu lalu, Patrick menyampaikan Federal Oil bangga menjadi bagian dari kelas utama motorsport dunia. “Sejak awal perjalanan Moto2 kami, konsumen dan loyalis semuanya bertanya kapan Federal Oil akan naik ke MotoGP,” ujarnya.

Lanjut Patrick, setelah mensponsori tim FOGM2 selama hampir satu dekade, Federal Oil percaya sekarang adalah waktu yang tepat untuk naik ke MotoGP, bersama mitra lama Gresini Racing. 

“Saya yakin ini akan baik bagi merek kami, Federal Oil, untuk terus membuat bangga konsumen dan pembalap Indonesia. Bersama-sama kami akan rayakan, untuk melihat merek yang dicintai ini naik ke kejuaraan motorsport papan atas”, urainya.

Kenyataan ini jelas menjadi tonggak penting buat Federal Oil. Pasalnya, pelumas ini akan menjadi perusahaan Indonesia pertama yang mensponsori sebuah tim balap di MotoGP.

Logo Federal Oil dipastikan bakal tersemat pada Desmosedici GP yang digeber Enea Bastianini dan Diggia. Logo juga akan menempel di baju balap duo Italiano tersebut, lalu seragam anggota tim, pit box hingga hospitality Gresini Racing.

Carlo Merlini, Commercial and Marketing Director Gresini Racing dikutip dari Motorsport menjelaskan, setelah menjalani 10 musim yang mulus di kelas Moto2, Federal Oil adalah salah satu mitra Gresini yang paling terpercaya dan tahan lama. 

“Tapi ada lebih banyak lagi di balik sponsorship ini. Setahu saya, Federal Oil akan menjadi merek Indonesia pertama yang mendarat di MotoGP. Ini membuat segalanya jadi sangat istimewa untuk negara dengan fanbase terbesar di dunia”, katanya. 

Adanya langkah besar tersebut tentu saja tidak disia-siakan oleh tim Federal Oil Indonesia. Mencoba menyelaraskan melalui dukungan beragam aktivitas, baik terkait FOGM2 maupun ke jenjang lebih tinggi MotoGP.

embed

Antara lain melalui FOGM2 Activation. Seperti diutarakan Hasril Arsyad, Federal Oil Marketing General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, dalam kegiatan Ngobrol Virtual Santai bareng wartawan otomotif, Rabu (13/10), FOGM2 Activation ini didukung berbagai aktivitas. 

“Mulai dari kompetisi virtual Siap Adu Balap MotoGP melalui konsol Playstation, Xbox dan lainnya. Kita ingin membawa pengalaman yang berbeda kepada para konsumen Federal Oil,” ucapnya.

Bahkan pengalaman berbeda tersebut sampai dibawa hingga ke bengkel-bengkel Federal Oil. Sambil menunggu kendaraannya ganti oli, pelanggan diajak bermain game balap. Tentunya dengan memilih tim balap FOGM2 dalam permainan tersebut.

Selain itu juga ada kontes desain T-Shirt FOGM2, kehadiran Federal Oil di Sirkuit Mandalika, serta beragam aktivitas lainnya.


(acf)