Autogear.id – Pada sebuah peluncuran program studi terbaru, yakni Business Engineering, di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali mewujudkan komitmen, berkontribusi untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Melalui keikutsertaan dalam seminar virtual, bertajuk ‘We Prepare Future Leaders for the Society 5.0’, Kamis(24/2/2022).
Seminar ini bertujuan meningkatkan sumber daya manusia yang lebih kompeten, dalam menghadapi persaingan global dan regional. Khususnya pada ASEAN Economic Community (AEC), yang diharapkan dapat melahirkan inovasi di era society 5.0 ini.
“Daihatsu mengucapkan selamat atas peluncuran program studi terbaru Business Engineering di BINUS ASO School of Engineering. Melalui sharing ini, kami berharap para peserta mendapat insight gambaran besar, proses pengembangan kendaraan secara keseluruhan, serta dapat meningkatkan kompetensi dan lebih kompetitif dalam menghadapi persaingan global”, ujar R&D Product Planning Executive Coordinator Division ADM, Meddy Hamdhani.
ADM melalui tim R&D (Research and Development) memberikan sharing tentang tahapan pembuatan dan pengembangan mobil di Daihatsu, bertema ‘How To Make a Car’. Dalam seminra dijelaskan, pengembangan kendaraan di Daihatsu terbagi menjadi 4 (empat) tahap besar, yaitu dimulai dari product planning, styling, engineering, dan test & validation.
Baca Juga:
Tampil Agresif, Yamaha XSR 155 Infinite Dirtbike Garapan DM Work Motorcycle
Pada tahap product planning, Daihatsu mengawalinya dengan melakukan survey pasar, kondisi lingkungan, dan menentukan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Selanjutnya pada styling process, dari hasil analisa pasar Daihatsu mewujudkannya melalui pembuatan sketsa gambar, clay modeling, dan perwujudan data 3 (tiga) dimensi.
Selanjutnya pada tahap engineering, desain mobil yang telah dibuat sebelumnya diwujudkan menjadi gambar tehnik untuk menerapkan desain konstruksi terbaik pada setiap bagian, serta diwujudkan dengan pembuatan prototype untuk diuji coba.
Lalu pada tahap akhir, test & validation, produk prototype tadi diuji performa, kekuatan, keamanan, dan ketahanannya untuk memastikan mobil yang telah dibuat sesuai kondisi Indonesia dan berkualitas global.
Sebagai informasi, Daihatsu dikatakan memiliki fasilitas R&D Center terlengkap dan terbesar di Indonesia, seluas 25 Hektare (Ha). Berlokasi di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang, Jawa Barat. R&D Center Daihatsu memiliki fasilitas Design Center, Engineering Center, serta Test Course lengkap yang memiliki 24 macam tipe jalan yang mewakili kondisi jalanan di Indonesia.
Pembangunan R&D Center ini juga merupakan komitmen Daihatsu dalam meningkatkan industri otomotif Tanah Air. Sekaligus menyiapkan ADM sebagai production dan product base Daihatsu di Indonesia.
(uda)