Pembalap WSBK Toprak Razgatlioglu Siap Jajaki MotoGP Gantikan Rossi?

 Toprak Razgatlioglu (IG Toprak_tr54)
Toprak Razgatlioglu (IG Toprak_tr54)

Autogear.id - Nama pembalap World Superbike (WSBK) Toprak Razgatlioglu tampaknya terus berkumandang. Pasalnya pembalap asal Turki ini siap menjalani tes MotoGP bareng tim pabrikan Yamaha. 

Apa yang dilakoni Toprak itu bukan tanpa alasan. Sebab, kendati komposisi tim Yamaha untuk MotoGP 2021 sudah lengkap, namun Yamaha sepertinya masih berburu. Mencari sosok pembalap pengganti Valentino Rossi, yang bakal pensiun pada akhir musim 2021.

Tim Petronas Yamaha SRT yang pada MotoGP 2022 mendatang akan berubah nama menjadi RNF Racing ini digadang-gadang tengah sibuk mencari pembalap pengganti VR46. Lantas nama Toprak lah salah satunya yang mencuat, untuk mengganti posisi juara dunia sembilan kali itu.

Padahal sebagai pembalap WSBK, Toprak sempat diprediksi takkan pindah ajang. Setelah ia menandatangani kontrak dua tahun bersama Pata Yamaha, Juni lalu. Tetapi tetap saja, Toprak masih membuka pintu dan siap jalani tes di MotoGP.

"Ya, saya akan mencoba (tes MotoGP) tahun ini. Mungkin aku tidak menyukainya”, kata Toprak dilansir dari Corsedimoto.com. Memang Toprak seperti kurang berkenan membahas isu itu, lantaran masih fokus pada kejuaraan WSBK 2021.

Apalagi racer berusia 24 tahun tersebut tengah memimpin klasemen WSBK 2021. Bersaing kuat dengan pembalap unggulan Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea.

Sementara di sisi lain, Andrea Dosoli, Project Manager Yamaha di WSBK siap melepas Toprak, jika memang harus menjalani tes MotoGP. Walaupun ada anggapan, kemungkinan pembalap bernomor start 54 itu menjalani debut di MotoGP sebagai pembalap pengganti. Mirip rekan setimnya, Garrett Gerloff.

Saat itu, Gerloff gantikan posisi Franco Morbidelli pembalap Petronas Yamaha SRT yang absen Juni lalu. “Jika ada cara untuk mendapat ide tentang motor MotoGP, maka kami juga akan melakukannya. Jadi kami akan lebih siap jika diperlukan sebagai pembalap pengganti", tutur Andrea Dosoli di Corsedimoto.

Menurut Dosoli, pihaknya punya koneksi dekat dengan proyek MotoGP. Artinya, jika memang di MotoGP ada kebutuhan, timnya sudah siap tawarkan salah satu pembalapnya. “Kami telah memberi mereka kesempatan menemukan peluang baru. Kami bisa melakukannya”, lanjutnya.

Uniknya, Kenan Sofoglu sebagai manajer sempat ragu akan penampilan Toprak di ajang MotoGP. Meskipun Dosoli meyakinkan, lewat sejumlah tes di MotoGP, Toprak akan cepat beradaptasi dengan Yamaha YZR-M1.

“Kami percaya, seorang pembalap berbakat bisa cepat beradaptasi dengan semua jenis motor, terlepas dari apapun kategorinya”, pungkas Dosoli.


(acf)