WSBK Assen, Belanda 2022

Rea dan Toprak Tak FInish, Bautista jadi Bintang di Race-2 WSBK Assen

Alvaro Bautista manfaatkan momen terbaik meraih kemenangan setelah senggolan yang terjadi antara Jonathan Rea dan Toprak Razgatiouglu. AB
Alvaro Bautista manfaatkan momen terbaik meraih kemenangan setelah senggolan yang terjadi antara Jonathan Rea dan Toprak Razgatiouglu. AB

Autogear.id - Pertarungan para pembalap World Superbike Championship (WSBK) 2022, kian seru dari seri ke seri. Apalagi kalau bukan antara Jonathan Rea dan Toprak Razgatiouglu. Kemudian kompetitifitas Alvaro Batusta yang mulai mengganggu pertarungan keduanya merebut titel juara dunia musim ini juga rekan setim Toprak yaitu Andrea Locatelli.

Namun hari ini pertarungan antara Toprak dan Rea justru berakhir di gravel. Pembalap asal Turki itu melebar di tikungan pertama pada pertengahan balapan dan saat akan kembali ke jalur balap, Rea yang sudah terlanjur berada di sana dengan kondisi motor sedang berbelok ke kanan pun tak bisa berbuat banyak. Jika dicermati dengan seksama, kembalinya Toprak ke jalur balap inilah yang menjadi penyebab keduanya senggolan hingga terhempas ke gravel.

Secara otomatis pembalap yang berada di urutan ketiga yang ditempati oleh Alvaro Bautista, pun mendapat keistimewaan untuk bertarung meraih kemenangan tanpa adanya campur tangan duo pembalap jagoan WSBK yaitu Rea dan Toprak. 

"Saya juga sulit berkata-kata, setelah dikenai sanksi yang terjadi di race Superpole pada pagi tadi, padahal saya merasa tidak menginjak garis hijau. Tapi saya tak mau terganggu dengan pinalti itu, dan tearnyata saat balapan berlangsung, terjadi drama senggolan antara Toprak dan Rea. Saya pun nyaris mengalami hal serupa, tapi akhirnya berhasil finis dengan aman di posisi pertama. Berhadap di seri-seri berikutnya kami bisa terus bertarung meraih kemenangan," ujar Bautista.

Baca Juga:
Quartararo Menangi MotoGP Portugal, Balapan Dipenuhi Drama

Sementara Andrea Locatelli yang berhasil membawa Yamaha miliknya di urutan kedua, sebenarnya sudah melihat peluang itu. Meski tanpa keluarnya Rea dan Toprak. Tapi lantaran kondisi itu sudah terjadi, maka Ia pun memanfaatkannya dengan baik. 

"Rasanya saya masih mengingat hasil baik yang bisa kami raih di sirkuit ini dari tahun-tahun sebelumnya. Tapi meraih podium tahun ini adalah jawaban dari soal seberapa bagus kami beradaptasi dengan kondisi sirkuit. Meski belum meraih kemenangan, tapi saya percaya bisa tampil konsisten di beberapa seri ke depan," bangga Locatelli.

Pembalap yang juga merasa beruntung karena finish di podium adalah Iker Lecuona. Pembalap yang direkrut tim Honda Racing itu, malah di luar ekspektasi bisa memberikan posisi podium. Ini tentunya membuat Honda Racing tak sia-sia merekrut pembalap ex tim Tech3 KTM itu.

Hasil balap WSBK Assen 2022:
1. Alvaro Bautista, Spa, Ducati
2. Andrea Locatelli, Ita, Yamaha
3. Iker Lecuona, Spa, Honda Racing


(uda)