Terinspirasi Berlian, Velg Seberat 1,3 Kg Ini Hanya Dibuat 200 Pasang

Velg Genova Design (Foto: Dok. Autogear.id)
Velg Genova Design (Foto: Dok. Autogear.id)

Autogear.id - Gaya hidup dan fesyen kian erat bersinggungan dengan dunia otomotif roda dua. Dan bicara otomotif, saat ini sepeda motor beserta komponen pendukungnya semakin eye catching. Sekaligus penopang gaya hidup dan fesyen dari banyak penggunanya.

Salah satu komponen pendukung sepeda motor, yang akhir-akhir ini bertambah menarik tampilannya, serta mumpuni kualitasnya adalah velg. Selain sebagai piranti keselamatan berkendara, velg juga memperkuat magnet daya tarik dari sepeda motor serta penggunanya.

Seperti yang baru saja diperkenalkan, sebuah produk yang menyasar kalangan skuteris, yakni para pengguna sepeda motor di segmen skuter matik (skutik). Velg Genova Design, nama produk tersebut. Buatan lokal Indonesia yang sementara ini menargetkan pasar high end, semacam skutik premium Vespa dan Piaggio.

“Velg Genova Design saat ini dipersiapkan baru untuk berbagai varian skutik premium Vespa dan Piaggio. Membuat tampilan skutik makin gaya, dan desain konstruksi beehive yang diakui punya daya tahan selama pemakaian”, tutur Yusuf Rizky, CEO Genova Design beberapa waktu lalu.

Kendati masih diperuntukkan buat Vespa, tapi menurut Rizky tak menutup kemungkinan bila permintaan tinggi, juga akan diproduksi untuk skutik-skutik kelas menengah seperti Yamaha NMax, Honda PCX, Suzuki Nex dan lainnya.

Ia pun mengklaim, terdapat keunggulan pada velg yang terinspirasi dari bentuk perhiasan berlian ini. Sebut saja materialnya yang menggunakan aluminium forged T6061, dengan proses teknologi CNC cutting dan Anodizing Finishing colour. “Proses pengerjaan alumunium forged dengan sekali cetak dan tempa, bukan sambungan”, akunya.

Pengujian pun sudah dilakukan melalui test berkendara melibas rute Jakarta – Lombok. Dipasangkan pada Vespa GTS300 yang digembar-gemborkan sebagai Vespa paling gambot. "Dikendarai oleh dua orang, boncengan. Bobot pengendara dan boncenger total sekitar 200 Kg. Hasilnya aman-aman saja, tak ada kendala. Padahal medan jalan yang dilalui bermacam-macam. Bayangkan sendiri ya rute Jakarta – Lombok”, terang Rizky.

Uniknya, velg ring 12 inci, dengan lebar 3 inci dan bobot  sepasang sekitar 2,6 Kg ini begitu eksklusif. Karena diproduksi terbatas hanya 200 pasang, terdiri dari 2 (dua) desain varian, yakni Uno mengusung desain berlian dan Turismo dengan desain palang yang condong rapat.

Terkait harga yang disematkan, karena menempatkan diri sebagai barang aftermarket level premium, sepasang velg ini dibanderol Rp17 juta. Walaupun berani memberi garansi 3 bulan, untuk penggantian di 6 bengkel rujukan yang berlokasi di Jakarta, Magelang, Surabaya dan Bali. Namun garansi tak berlaku, bila kendaraan terjadi crash atau tabrakan.


(acf)