Serba-Serbi Formula 1

Belum Diumumkan, F1 Perancis Kemungkinan Ditunda

Formula 1 Grand Prix Perancis di Sirkuit Paul Ricard. f1
Formula 1 Grand Prix Perancis di Sirkuit Paul Ricard. f1

Autogear.id: Sebanyak sembilan putaran Formula 1 2020 sudah gagal terselenggara akibat wabah Covid-19. Berdasarkan revisi terakhir, Grand Prix Perancis pada tanggal 28 Juni 2020 menjadi jadwal pembuka. 

Akan tetapi, para penggemar F1 sepertinya harus bersiap-siap menunggu pengumuman penundaan. Pasalnya, Presiden Perancis, Emmanuel Macron menyampaikan bahwa pemerintah Perancis akan menambah masa pembatasan acara publik hingga pertengahan Juli. 

Maka berdasarkan himbauan tersebut, F1 Perancis pastinya tidak akan mendapat izin penyelenggaraan. Meski begitu, hingga berita ini dimuat belum ada pengumuman resmi terkait pembatalan F1 Perancis oleh FIA maupun dari penyelenggara balapan. 

"Panitia perlombaan telah memantau dengan seksama situasi virus Korona dan bekerja sama dengan penyelenggara seri F1, dengan pengumuman resmi tentang perlombaan yang diharapkan diumumkan dalam beberapa hari mendatang," jelas keterangan resmi penyelenggara GP Perancis dikutip dari Crash.

Formula 1 Grand Prix Perancis sendiri digelar di Sirkuit Paul Ricard. Tahun lalu, venue ini dihadiri oleh 135.000 penonton yang hadir menyaksikan F1 secara langsung. 

Jika benar, F1 Perancis ditunda maka total ada 10 Grand Prix yang gagal terselenggara tahun ini. Sebelumnya Australia, Bahrain, Vietnam, China, Belanda, Spanyol, Monaco, Azerbaijan, serta Kanada sudah lebih dulu mengumumkan pembatalan ataupun penundaan.


(uda)