Ketika Kawasaki Ninja ER6n Dimodifikasi Jadi Gahar dan Keji!

Custom Kawasaki Ninja ER6n (Foto: Kustomfest)
Custom Kawasaki Ninja ER6n (Foto: Kustomfest)

Autogear.id - Urusan memodifikasi Kawasaki Ninja ER6n, kebanyakan memilih custom dengan konsep scrambler, classic scrambler, tracker dan sejenisnya. Lain halnya dengan Garrison Motoforge CO, yang mencoba sedikit anti mainstream. Dengan memberikan sentuhan baru, mengambil dari dua konsep motor custom yaitu cafe racer dan boardtracker.

Padahal, kalau boleh dibilang, kedua konsep yang diusung tersebut sangat identik dengan motor balap klasik. Alhasil permak besar-besaran dilakukan. Satu persatu, komponen bawaan asli Ninja ER6n keluaran tahun 2013 ini dipreteli. Tujuannya tak lain demi mewujudkan tampilan sesuai konsep yang diinginkan.

Kru Garrison mencoba menyatukan jantung mekanis 649cc dengan konsep yang diusung. Yang mana daya tarik utama dari  paduan gaya racer dan boardtracker terlihat pada bagian rangka dan tangki bahan bakar.

embed 

Penambahan tulang di bagian atas tangki ditujukan untuk menyajikan kesan klasik dari motor boardtracker. Memang sejauh ini konsep boardtracker dianggap memiliki ciri khas, berupa tangki yang menggantung pada rangka.

Kemudian, rangka tersebut terus ‘dijahit’ hingga ke belakang, sampai menyusup ke bawah jok. Mengendarainya bergantung pada kekuatan rangka. Rumah custom Garrison sengaja membuat skema pengerjaan rangka yang bisa dilepas. Dengan membuka pengait pada bagian belakang, agar mempermudah akses ke lini kelistrikan dan aki.

Masih bicara seputar rangka, komponen ini dibuat bukan hanya bisa melindungi tangki. Melainkan juga berfungsi sebagai penguat pegangan ke rangka. Oh iya, pegangan rangka tidak banyak diubah. Hanya sedikit sub-rangka disunat, mengakomodir bentuk jok yang baru. 

embed

Uniknya lagi, ternyata apa yang dilakukan bengkel Garrison terhadap motor yang ‘menyimpang’ ini juga tak semata-mata tanpa alasan. Mereka malah sudah membuat julukan bagi motor ini, yaitu Abomination. Kalau diartikan, memiliki perilaku yang keji dan condong dibenci. 

Melihat tampilan secara keseluruhan dari bentuk motor custom ini terkesan sebagai motor gahar. Kendati begitu, ketika terkait safety riding, jadi lain cerita. Lampu-lampu pendukung keselamatan berkendara, mulai dari lampu depan, belakang dan sein tetap sebagai peranti wajib. Jelas, motor ini dicustom bukan untuk dibenci.

Spek Modifikasi

Wheels, Suspension, Brake & Exhaust
Velg depan: 17 inch factory stock Rim
Velg belakang: 17 inch spoked TK Rim
Ban depan: Pirelli Diablo Rosso Corsa 2 110/90-17 
Ban belakang: Pirelli Diablo Rosso Corsa 2 130/90-17
Suspensi depan: Factory stock 
Suspensi belakang: Factory stock
Rem depan: Brembo brake kit, with factory stock 300mm disc brake
Rem belakang: Nissin brake kit and 220mm factory stock disc brake
Exhaust System Pipes: Free-flow straight style back end made by WRC
Exhaust System Material: Made of seamless stainless steel pipe

embed

Body Works & Painting

Body Works Material: 1.2mm galvanized plate for tank, side covers, lamp cover and seat base, 3/4inch pipe for the upper bone frame
Body Works Artist: In-house body shaper (Supriadi)
Painting Materials: Faux finished effect using plastic wrap, finished with gloss vernishing
Painting Artist: In-house painter (Agung Mardiyanto)

Other Parts & Accessories

Seat: Custom made seat, 20mm thickness with faux leather finishing
Electrical: Factory stock electrical
Headlamp: Aftermarket headlamp


(acf)