Lelang Kendaraan Bermotor

Tips Beli Kendaraan Melalui Lelang, 'Jangan Pakai Emosi'

Pool balai lelang Auksi di kawasan Ciledug.
Pool balai lelang Auksi di kawasan Ciledug.

Autogear.id: Lelang kendaraan bermotor merupakan salah satu cara yang tepat untuk mendapatkan kendaraan dengan harga super miring. Namun terkadang apa beberapa faktor yang membuat konsumen bisa membeli dengan harga tinggi jika saat lelang terlalu mengikuti emosi karena sudah terlalu naksir dengan satu unit incarannya. 

Operation Head PT Balai Lelang Asta Nara Jaya (Auksi), Bady Qadarsyah menghimbau agar saat ikut lelang jangan pernah terbawa emosi karena nafsu yang menggebu-gebu membuat konsumen malah dapat harga tinggi. "Kadang terlihat murah tapi ketika ikutan lelang ternyata harganya mahal juga," kata Bady saat diskusi virtual bersama Forum Wartawan Otomotif (Forwot), Rabu (12/8/2020).

Bady membeberkan beberapa tips untuk pemula yang ingin mencoba memberi kendaraan dengan cara lelang. "Yang pertama itu ketahui unit yang akan dibeli, cek harga di pasaran agar tidak terbawa nafsu saat bid lelang," kata Bady saat diskusi virtual bersama Forum Wartawan Otomotif (Forwot), Rabu (12/8/2020). 

Baca juga: Coba Ikutan Lelang Kendaraan Yuk, Begini Caranya

Kemudian pilih balai lelang dengan kredibilitas yang baik. "Balai lelang yang kredibel itu punya badan hukum, punya kantor, dan pastinya balai lelang itu punya pool," lanjut Bady. 

Lalu yang tidak kalah penting adalah konsumen harus teliti saat melakukan pengecekan unit sebelum melakukan penawaran. "Bisa juga untuk mengajak teman atau kerabat yang mengerti dalam mengecek kondisi kendaraan." 

Tips yang terakhir adalah jangan fokus pada satu unit saja. "Lebih baik pilih beberapa unit yang sesuai dengan budget, jadi ketika kalah bid pada pilihan pertama, konsumen bisa ikutan lagi di slot yang lain," beber Bady. 

Jika sudah melakukan beberapa tips di atas, kalian cukup memahami tata cara proses lelangnya, dan jangan sungkan untuk bertanya ke panitia lelang. 


(uda)