Toyota Camry Club Indonesia Gelar Touring 'Cari Angin' Sekalian Silaturahmi

Touring anggota Komunitas Mobil Toyota Camry ke Pelabuhan Sunda Kelapa (Foto: Alun Segoro/Autogear.id)
Touring anggota Komunitas Mobil Toyota Camry ke Pelabuhan Sunda Kelapa (Foto: Alun Segoro/Autogear.id)

Autogear.id - Minggu pagi itu tak kurang 50 mobil Toyota Camry memadati sebuah parkiran di kawasan wisata Taman Mini, Jakarta Timur. Wajah-wajah semringah juga tampak memancar dari para pemilik mobil-mobil tersebut. Diselingi tawa canda, mereka saling bercengkrama satu sama lain. Menikmati suasana pagi nan sejuk, berpayung awan mendung.

Mereka adalah para anggota Toyota Camry Club Indonesia (TCCI), komunitas otomotif roda empat yang merupakan salah satu model sedan eksklusif kebanggaan Toyota. Hari itu, Minggu (29/8), TCCI menghelat silaturahmi anggota, diimbuhi touring dalam kota. Meminjam istilah, ‘cari angin’ sejenak, menuju Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

Toyota Camry beragam tahun keluaran, malah ada beberapa unit yang juga sudah mengalami sentuhan modifikasi, terlihat melakukan konvoi santun. Mengambil titik keberangkatan dari Pintu Utama Taman Mini, melibas jalan bebas hambatan mengarah ke lokasi tujuan.

Setiba di Pelabuhan Sunda Kelapa, puluhan Camry ini sempatkan foto sesaat, dengan latarbelakang kapal-kapal kayu berukuran besar. Tak berapa lama, rombongan bergeser ke sebuah resto pinggir laut. Demi menikmati sajian makan siang dan melanjutkan silaturahmi. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, menjaga jarak serta memakai masker. 

“Konsep acara ini sekadar berkendara, karena sudah masuk dua tahun TCCI tidak pernah touring bareng. Ditambah lagi antusiasme dari anggota yang ingin bersilaturahmi, mengingat kondisi Jakarta yang kian kondusif belakangan ini,” ujar Handy Tan, Presiden TCCI yang baru terpilih.  

Diungkapkan Handy, semula diperkirakan hanya 20 mobil yang ikut. Ternyata peserta jauh melebihi target. Bahkan tak sedikit anggota TCCI yang membawa anggota keluarganya dalam kegiatan itu.

“Memang acara yang kami jalankan dengan konsep sederhana ini, diselingi sedikit diskusi santai. Antara pengurus baru dengan anggota. Terkait seperti apa langkah dan program TCCI ke depan yang harus dijalankan pengurus yang baru 2 bulan dilantik ini,” lanjut pria ramah tersebut.

Sementara Ridho Apriansyah, Humas TCCI menambahkan, sambil silaturahmi, club mobil yang terbentuk pada tahun 2014 ini juga mendiskusikan kegiatan apa yang akan dijalani. Selain sejumlah kegiatan rutin yang selama ini dilakukan, seperti kegiatan baksos komunitas.

Menurut Edo, sapaan akrabnya, ke depannya TCCI berencana mengadakan pameran Indonesia Community Modifikasi, donor darah, vaksin, dan kampanye bagi-bagi masker.

“Selama ini kami juga rutin kok gelar kopdar atau kopi darat (tatap muka) virtual. Di dalamnya kami isi edukasi bagaimana menyikapi kondisi pasca terinfeksi kepada anggota yang terkena covid-19. Serta berbagi tips seputar kesehatan dari dan oleh anggota,” jelasnya. 

“Tak kalah penting, menuju kesan yang semakin baik, TCCI juga butuh banyak dukungan dari anggota aktif. Karena itu, salah satu program utama internal pengurus adalah menarik anggota baru untuk bergabung ke dalam club,” tambah Handy yang mengaku akan memimpin TCCI secara humanis. 

Aktivitas silaturahmi dan touring cari angin TCCI ini dihadiri anggota yang berasal dari chapter Jabodetabek, Serang dan Bandung. Hingga saat ini kurang lebih 300 anggota aktif TCCI tersebar di seluruh wilayah Indonesia.


(acf)