Bukan Cuma Motor, Suzuki Turunkan Mobil Ini di MotoGP Mandalika

Carry pick up yang digunakan Suzuki di lintasan sirkuit MotoGP Mandalika dengan fungsi yang berbeda dari motornya (Foto: NZR)
Carry pick up yang digunakan Suzuki di lintasan sirkuit MotoGP Mandalika dengan fungsi yang berbeda dari motornya (Foto: NZR)

Autogear.id - Seperti diketahui, balap MotoGP Mandalika, Jumat-Minggu (18-20/3/2022), menghasilkan Miguel Oliveira sebagai pemenangnya. Dua pembalap tim Suzuki Ecstar MotoGP, yakni Joan Mir dan Alex Rins turut bertarung di dalamnya.

Kembali terkait MotoGP Mandalika, pada balapan kali ini, pabrikan Suzuki bukan hanya menurunkan motor di lintasan. Melainkan pula menurunkan mobil, untuk dipacu di trek sirkuit yang baru saja di aspal ulang tersebut. Bahkan uniknya lagi, mobil yang dipacu di lintasan MotoGP Mandalika adalah model bak terbuka. Ya, apalagi kalau bukan mobil Suzuki New Carry Pick Up.

Pihak penyelenggara balapan menurunkan Suzuki New Carry pick up adalah untuk membersihkan lintasan dari berbagai kotoran yang mengganggu trek yang berpeluang menghambat jalannya balapan, bahkan berisiko mencelakai para pebalap yang beraksi.

Kendaraan niaga ringan tersebut dipakai membawa alat-alat yang digunakan petugas, untuk membersihkan lintasan. Mulai dari mengangkut sapu, hingga alat pembersih khusus yang dapat menyerap tumpahan kimia atau ceceran oli dalam waktu singkat.

Terlihat, new Carry pick up itu menarik sebuah alat khusus pembersih lintasan, di bagian belakang baknya. Kemudian, mobil buatan Indonesia tersebut berjalan menyusuri lintasan Sirkuit Mandalika yang memiliki panjang 4,31 km disertai 17 tikungan.

Adapun dari 17 tikungan tersebut, terdapat 11 belokan ke kanan, dan 6 belokan ke kiri. Dengan tipe searah jarum jam atau clockwise.

Lalu mengenai new Carry pick up yang digunakan menyisir lintasan tersebut mempunyai dimensi panjang 4.195 mm, lebar 1.675 mm dan tinggi 1.870 mm. Memiliki bak belakang dengan dimensi panjang 2.505 mm, lebar 1.665 mm dan tinggi 350 mm, serta mampu mengangkut barang hingga 1 ton.

Suzuki mempersenjatai new Carry pick up dengan mesin 4 silinder DOHC 16 katup berkapasitas 1.462 cc berkode K15B-C. Memiliki kesamaan dengan Ertiga yang berkode K15B. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 97 PS @ 5.600 rpm dan torsi maksimum 135 Nm @ 4.400 rpm.

Desainnya diperkuat tampilan grill dan bumper dibalut warna hitam senada. Bumper Carry ini diproduksi dengan material plastik. Lampu utama tampak lebih besar dengan posisi sejajar grill. Pelek  pick up ini merupakan velg kaleng berukuran 165/80 R13.

Pada bagian dasbornya tampak terlihat kotak spidometer dengan tambahan layar kecil digital di bagian bawah. Lalu kotak head unit single DIN yang bisa digunakan pengendara untuk mendengarkan musik melalui radio. Dilengkapi jok dibalut material fabric, mobil ini dapat menampung sebanyak tiga orang di bagian depan.
 


(acf)