Teknologi Otomotif

GM Rancang Baterai dengan Ketahanan Satu Juta Kilometer

GM kembangkan baterai mobil listrik dengan ketahanan mencapai 1 juta kilometer. gm
GM kembangkan baterai mobil listrik dengan ketahanan mencapai 1 juta kilometer. gm

Autogear.id: Produsen otomotif asal Amerika Serikat, General Motors sedang mengembangkan baterai untuk mobil listrik. Keunggulan baterai ini adalah durasi atau ketahanan mencapai satu juta kilometer. 

Sekedar perbandingan, rata-rata baterai kendaraan listrik memiliki daya tahan sekitar 320 ribu kilometer atau sekitar lima tahun pemakaian. Setelah melewati masa itu, kemampuan baterai akan berkurang dan harus diganti. 

Wakil Presiden Eksekutif GM, Doug Parks, mengatakan baterai yang dinamai ultium itu sudah diperkenalkan pada bulan Maret bersama dengan sasis mobil listrik Hummer. Baterai Ultium tersebut bertujuan untuk melewati ambang biaya USD 100 per kWh yang artinya nilai ekonomisnya setara dengan mobil konvensional berbahan bakar minyak. 

Di samping itu, para pengembang mobil listrik di GM juga mulai mengerjakan baterai dengan elektroda tanpa kobalt, elektrolit solid-state, dan kemampuan pengisian daya super cepat. 

Seperti yang diketahui, Cobalt merupakan salah satu unsur di dalam baterai yang bisa membahayakan lingkungan dan harganya relatif mahal. Sehingga diharapkan dengan adanya elektrolit solid-state diharapkan bisa meningkatkan stabilitas sel baterai untuk rentang hidup yang lebih lama dan peningkatan keselamatan. 

Meski demikian, GM bukan satu-satunya perusahaan yang sedang mengembangkan baterai kendaraan listrik dengan efektifitas dan daya tahan tinggi. Karena saat ini, produsen mobil listrik terlaris Tesla juga mempersiapkan pengenalan baterai terbaru yang tahan hingga 1,6 juta kilometer.


(uda)