First Drive Volkswagen T-Cross

Kejutan Performa Mesin 1,0 L TSI, T-Cross Layak jadi Jagoan Baru Volkswagen

Volkswagen punya jagoan baru di segmen SUV mesin kecil, efisiensi dan power tetap dapat. AG-Ahmad Garuda
Volkswagen punya jagoan baru di segmen SUV mesin kecil, efisiensi dan power tetap dapat. AG-Ahmad Garuda

Autogear.id - Volkswagen meski tak begitu se-agresif pabrikan kendaraan dari Eropa lainnya dalam meluncurkan produk terbaru di pasar otomotif Indonesia, namun mereka punya passion dalam hal memberikan kendaraan terbaik dan sesuai pasar Indonesia. Seperti yang mereka lakukan untuk mobil terbarunya T-Cross. Autogear.id pun sempat melakukan uji coba dan ini menjadi kesempatan unik yang diberikandi bilangan Epicentrum, Rasuna Said, Jakarta Kamis (10/3/2022). 

Bukan hanya perkara tampilan yang menggoda sejak pertama kali dilihat, lantaran bentuknya yang masuk ke segmentasi SUV 5 penumpang cocok untuk kondisi urban dan perkotaan. Namun juga banyak hal yang menjadi catatan kami dari sesi perdana berkendara di mobil ini. Di antaranya adalah sensasi berkendara dengan ragam fitur-fitur yang mendukung kenyamanan.

"Mobil ini memang masih menjadi unit first driving untuk rekan-rekan media. Disiapkan untuk mengetahui bagaimana impresi teman-teman semua untuk kendaraan terbaru dari kami yang memiliki ragam fitur dan tentu teknologi mesin yang mumpuni. Lantaran ditenagai mesin 1.000 cc TSI, bukan berarti tenaganya tak mumpuni. Makanya, di kesempatan ini kami mengajak untuk menyetahui sejauh mana impresinya," sambut Marketing PT Garuda Mataram Motors (GMM), Rony Syarif kepada Autogear.id.

embed

Apa yang diungkapkan oleh Rony pun sontak membuat kian semangat untuk mencoba kendaraan dengan lekuk bodi tegas khas Volkswagen ini. Ulasan di bawah ini tentu akan kami awali dengan bagian yang paling mengesankan sejak awal berkendara.

Baca Juga:
Vespa 125 Versi Lego, Imut dan Unik

Mesin 1,0 L TSI yang Beringas dari Awal 
Salah satu hal yang selalu membuat penasaran ketika baru akan mengendarai mobil dengan logo VW aka Volkswagen salah satunya adalah performa mesin yang ditawarkan. Dari data yang kami himpun sebelumnya, mobil ini sanggup memuntahkan tenaga sebesar 115 daya kuda pada putaran 5.000 RPM hingga 5.500 RPM. 

Bagian yang membuatnya jadi galak adalah torsi yang melimpah dengan 178 Nm yang lahir sejak putaran 1.750-4.500 RPM. Aritinya apa? Sejak menekan pedal gas di putaran kecil, torsinya sudah bisa terasa dengan sangat baik. Sekejap gaya gravitasi pun membawa punggung lebih lekat ke sandaran jok, ketika pedal ditekan sepenuhnya.

Meski demikian, merek ini mengklaim bahwa konsumsi bahan bakar tetap irit. Artinya kapasitas mesin kecil yang digendongnya pun, dimaksimalkan dengan sangat baik tanpa harus mengorbankan tenaga.

embed

Fitur Kenyamanan yang Unik
Berpindah ke fitur yang ditawarkan untuk kendaraan SUV 5 penumpang ini, tentu tak kalah dari SUV besar yang dibekali dengan ragam fitur menarik. Beberapa fitur kenyamanan untuk pengemudi di antaranya adalah kemudi yang sudah dilengkapi dengan paddle shift. Komponen ini bahkan menempel langsung di belakang palang roda kemudi, sehingga ketika memutar lingkar kemudi, fitur ini mengikut.

Baca Juga:
Daihatsu Masih Optimalkan Patimban Buat Berlayar ke Negara Lain

Lalu bagian membuatnya lebih terlihat elegan dan mewah karena bagian cluster panel tersusun rapi dengan ornamen berwarna perak mengkilat. Panel-panel di bagian tengah pun sudah menggunakan fitur sentuh, di antaranya layar entertainment hingga pengoperasian pendingin kabin, sehingga semuanya terlihat lebih bersih dari tombol-tombol.

Berkendara jauh juga tidak akan masalah karena jok mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur ventilasi. Sehingga duduk lama, takkan membuat punggung panas. Kemudian fitur wireless charging membuat pengemudi tak memerlukan kabel, Anda tinggal menaruh gawai di atasnya dan gawai Anda akan terisi dengan sendirinya.

embed

Bagian unik lainnya adalah kompartemen penyimpanan di bagian jok penumpang depan, sudah dilengkapi dengan setelan coolbox. Komposisi temeperatur yang bisa diakomodasikan hingga 20 derajat. Ini sudah cukup untuk membuat minuman dingin Anda tak cepat kehilangan temperatur dinginnya.

"Memang untuk temperatur ini tidak akan seperti efek pendinginan di lemari pendingin. Tapi setidaknya cocok untuk membuat minuman dingin Anda tak cepat kehilangan temperatur dinginnya," ujar Rony. 

Baca Juga:
Pertama di Indonesia, Dealer Mobil Ini Jadikan Robot Sebagai Frontliners

Desain Tegas Khas Volkswagen
Dalam hal desain, Volkswagen selalu punya ciri khas tersendiri. Tampilan depan memang tak membuatnya berbeda signifikan dari model-model VW lainnya, namun dari sisi buritan, perbedaannya cukup besar. Panel lampu yang memanjang dari kiri ke kanan menandakan bahwa ini adalah mobil perkotaan. Terlihat lebih futuristik dan tak kalah dalam hal gaya.

Banyak yang membandingkannya dengan Toyota Raize dan Daihatssu Rocky lantaran bermain di kelas mesin yang sama yaitu 1,000 cc dilengkapi dengan turbo. Perbedaan harga yang signifikan pun membuat banyak orang masih menimbang-nimbang untuk membeli mobil ini dengan harga Rp488 juta. Namun Volkswagen adalah Volkswagen, teknologi performa mesin, efisiensi hingga fitur yang berkiblat ke kenyamanan penumpang dan pengemudi, tentu sudah terbukti paten.  


(uda)