Replika Mobil Klasik

Porsche 356 A Coupe Harga Rp30 Miliaran Nongol di Bali

Replika Porsche 356 A Coupe ini dibangun dengan baik dan sempurna oleh Tuksedo Studio di Bali. Sahroni
Replika Porsche 356 A Coupe ini dibangun dengan baik dan sempurna oleh Tuksedo Studio di Bali. Sahroni

Autogear.id – Pernah dengar mobil Porsche 356 Coupe? Generasi lawas bisa jadi mengenalnya. Karena di negara asalnya, Porsche 356 Coupe diproduksi untuk pasaran global pada tahun 1948 hingga 1965. Porsche 356 Coupe merupakan kendaraan 2 (dua) pintu yang dirakit di Stuttgart, Jerman.

Tetapi, belum lama ini Porsche 356 Coupe hadir di Indonesia! Kok bisa? Ternyata itu hanya replikanya. Yup, replika Porsche 356 A Coupe lansiran 1955-1959 yang merupakan garapan Tuksedo Studio, rumah modifikasi asal Gianyar, Bali. Menariknya lagi, mobil klasik ini dibangun secara manual. Sebagai info, Tuksedo Studio ini yang membuat tropi World Superbike (WSBK), WSS, dan ATC di Mandalika.

Replika mobil sport klasik Porsche 356 A Coupe tersebut telah dibeli anggota DPR RI sekaligus Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI), Ahmad Sahroni. "Kebanggaan Indonesia memilki produk lokal dari industri di Pulau Dewata Bali.... Ini adalah karya nyata sebenarnya, bahwa anak bangsa hebat hebat," tutur Ahmad Sahroni dikutip dari akun Instagram-nya.

Sebelumnya, Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo melalui akun Instagram-nya, juga memberikan apresiasi kepada rumah modifikasi spesialis pembuat replika mobil klasik tersebut. Kebetulan, saat itu Bamsoet, sapaannya, baru saja mengikuti prosesi launching replika mobil Porsche 356 A Coupe pesanan Ahmad Sahroni (27/12/2021).

Baca Juga:
Mengacu ke Survei, Dua Merek Ini Jadi Top of Mind Kendaraan Listrik di Indonesia

"Kehadiran Tuksedo Studio Bali bisa menjadi jawaban buat para pecinta kendaraan klasik untuk memiliki kendaraan impian. Bengkel ini mampu memproduksi dari nol. Mulai dari menyiapkan sasis hingga bodi. Hasil pengerjaan pun tidak kalah dibanding produk aslinya. Kesan elegannya tetap terasa, seperti memiliki kendaraan asli," kata Bamsoet.

Menurut Bamsoet, replika classic sportcar ini dibangun kurang lebih setahun, dan semuanya dikerjakan secara handmade oleh bengkel Tuksedo Studio. Porsche 356 A Coupe (1955-1959) replika ini memiliki sasis yang sama persis dengan bentuk aslinya.

"Bodi mobil dibangun dengan automotive-grade alumunium, untuk memaksimalkan performa dan sensasi berkendara," lanjut Bamsoet sambil menambahkan, mesin yang disematkan ke Porsche 356 A Coupe ini memiliki kapasitas 2.200cc, dan dilengkapi power steering.

"Porsche 356 A Coupe ini juga memiliki warna orisinal polyantha red, dan interior yang terbuat sepenuhnya dari kulit dengan tema anyaman," lanjutnya. Nah, mungkin pada penasaran berapa harga replika Porsche 356 A Coupe itu?

Baca Juga:
Goodbye Rusia, F1 Batalkan Kontrak dengan Promotor F1 Rusia

"Harganya di pasaran dunia mencapai dua juta dolar AS atau hampir Rp 30 miliar. Tapi di Tuksedo Studio Bali, harganya tidak sampai sepersepuluhnya," ungkap Bamsoet.

Pada unggahan berikutnya di Instagram, Bamsoet mengatakan salah satu karya ikonik lain dari Tuksedo Studio adalah Porsche 356 Speedster warna merah dan biru, berbasis mesin Volkswagen 1.300cc.

Dia pun tidak hanya memuji mobil yang dibeli Ahmad Sahroni, melainkan ikut memesan, tapi dengan model berbeda. Ia minta dibuatkan Mercedes Benz 300 SL Gullwing (1954-1957), dan Porsche 550 Spyder (1953-1956) yang diperkirakan akan selesai April mendatang.


(uda)