Jakarta: Tools atau perkakas baik itu perkakas tangan (hand tools) atau pun perkakas elektronik (power tools), hingga cairan serbaguna, pemainnya kian banyak di pasar nasional. Memilihnya pun jangan didasarkan karena harga yang murah, namun lebih ke faktor aman dalam penggunaannya.
Tak banyak pula yang memberikan edukasi tentang aman soal memilih perkakas yang akan digunakan dalam area bengkel atau bagi mereka pehobi otomotif. Tapi tidak bagi PT Altama Surya Anugerah (ASA) sebagai distributor utama merek Tekiro, Ryu dan Rexco. Edukasi dianggap sebagai faktor safety tertinggi dalam penggunaannya. Salah satu faktor pendukungnya adalah tidak ikut memasarkan produk murahan.
Ketiga brand itu, menekankan kualitas produk. Perkakas yang lebih banyak bermain di zona otomotif itu, memang menjadi andalan PT ASA saat ini.
"Kami akan menjaga kualitas produk yang kami hadirkan di pasar nasional. Lantaran rata-rata mereka yang menggunakan tools yang kami jual, bisa menggunakannya dalam waktu yang lama. Makanya kami tak mau berkompromi dengan produk asal jadi dan dengan harga murahan," ujar Wakil Presiden Direkur PT ASA di Pisa Cafe, Jakarta beberapa waktu lalu di Jakarta.
Namun upaya mereka untuk menjadi pilihan konsumen di tanah air tak mudah. Mengingat banyak perkakas atau cairan lubrikasi serupa yang dimainkan perusahaan lain terutama dari Tiongkok dengan harga yang lebih murah. Perusahaan yang mendatangkan produk langsung dari Jepang itu pun menyiasatinya dengan harga yang lebih rasional.
Menurut Stephanus, ini menjadi strategi yang mereka tempuh agar konsumen mendapatkan perkakas dengan kualitas terbaik namun harganya tetap bisa mereka jangkau. Apalagi mayoritas yang mereka sasar adalah penggunaan perkakas dan cairan lubrikasi khusus untuk otomotif.
(uda)