Aksesoris Otomotif

Cairan Ini Bisa Bikin Irit Bahan Bakar dan Melindungi Mesin Kendaraan?

Ed&Son, sebagai cairan aditif, yang diklaim cocok untuk dicampurkan ke bahan bakar minyak dan pelumas dari kendaraan bermotor. AG-Alun
Ed&Son, sebagai cairan aditif, yang diklaim cocok untuk dicampurkan ke bahan bakar minyak dan pelumas dari kendaraan bermotor. AG-Alun

Autogear.id – Ekosistem kendaraan listrik lambat laun terus terbentuk, namun kendaraan berbahan bakar minyak masih tetap bertahan di tengah para penggunanya. Tak hanya kendaraannya, semua piranti pendukungnya juga hadir. Seperti produk aftermarket Ed&Son, sebagai cairan aditif, yang diklaim cocok untuk dicampurkan ke bahan bakar minyak dan pelumas dari kendaraan bermotor.

Dikatakan CEO & Founder Ed&Son Erasmus Surya, produk yang dibuat perusahaannya dapat mengatasi berbagai permasalahan pada mesin. “Semua produknya telah melewati uji coba dan terbukti aman dipakai, sekaligus meningkatkan performa mesin. Dapat merontokkan kotoran-kotoran yang menempel di dinding tangki bahan bakar dan mesin,” jelasnya di acara perkenalan produk di daerah Jakarta Selatan, Sabtu (26/8/2023).

Ada beberapa varian yang diperkenalkan, yaitu Ed&Son Edictive Petrocetamol, Ed&Son Edictive Infuse, Ed&Son Edictive Synfuse, Ed&Son Edictive Transfuse dan Ed&Son Edictive xPetrocetamol. Dijelaskan Deputy Director Digital Marketing & Strategic Ed&Son Dev V. Rasyid, selama ini merek cairan ini bermain di ranah B2B.

“Kami memproduksi cairan untuk melindungi mesin-mesin pembangkit tenaga listrik, yang digunakan secara terus-menerus. Kinerja mesin bertenaga besar tersebut tetap terjaga, walaupun bekerja tanpa henti,” ucapnya di lokasi yang sama.

Baca Juga:
Akademi Hino Bantu Dongkrak Kualitas SDM dan Entaskan Kemiskinan

Lanjut Dev, cairan aditif yang dijual perusahaannya sebagai campuran bahan bakar dan pelumas mesin tersebut, sejak hari ini mulai dipasarkan secara retail. Dibuat dalam kemasan botol kecil 500mL dan 250mL, atau dalam jerigen ukuran mini dan sedang, demi memenuhi kebutuhan kendaraan bermotor baik mobil maupun motor.

Apalagi akhir-akhir ini mulai kembali digalakkan uji emisi pada kendaraan roda dua maupun roda empat. Terkait memburuknya polusi udara yang terjadi di Jakarta. Dimana salah satu penyumbangnya adalah asap kendaraan bermotor.

“Polusi dari kendaraan bermotor antara lain disebabkan oleh proses pembakaran bahan bakar di dalam mesin yang kurang sempurna, kualitas bahan bakar atau pelumas mesin yang kurang baik, dan lainnya. Salah satu upaya yang Ed&Son lakukan adalah membantu mengatasi polusi dari emisi kendaraan bermotor,” tutur Dev.

Era kembali mengatakan, proses kerja cairan ini dengan ditambahkan pada bahan bakar dan pelumas. Menuangkannya ke dalam tangki bahan bakar dan pelumas mesin kendaraan. “Proses pembakaran bahan bakar akan lebih sehat, kerak-kerak dan kotoran pada tangki dan mesin yang rontok akan terbuang melalui saluran buang kendaraan,” urainya.

Baca Juga:
GT Radial Bekali Sejumlah Komunitas dan Club Mobil Ilmu Tentang Ban

Bahkan diakuinya, dengan pemanfaatan produk-produk yang bahan bakunya dari Amerika dan dibuat di Indonesia ini, dapat menambah irit penggunaan bahan bakar. Walaupun perlu pembuktian lebih lanjut. “Produk ini juga dapat membantu mengatasi masalah yang timbul, seandainya kendaraan telah menggunakan pelumas palsu yang berkualitas buruk,” terang Era.
Untuk memperoleh aneka produk yang sudah diuji selama 10 tahun, yaitu sejak 2012 ini, pembeli dapat mengunjungi sejumlah e-commerce dan media online. Serta bisa pula melalui authorized dealer partner Ed&Son.


(uda)