Tips Berkendara Aman

Begini Kontrol Bukaan Gas Motor, Supaya Akselerasi Lebih Oke dan Aman

Cara motoran yang nyaman, harus bisa kontrol bukaan gas dengan baik. YIMM
Cara motoran yang nyaman, harus bisa kontrol bukaan gas dengan baik. YIMM

Autogear.id – Pakar keselamatan berkendara acapkali mengatakan, salah satu teknik berkendara motor yang penting untuk dikuasai adalah berakselerasi dengan halus. Caranya? Dibantu teknik bukaan gas atau throttle yang tepat. Terutama bagi yang berjiwa muda dan penyuka kecepatan.

Melalui akselerasi yang cepat, dan bukaan gas yang tepat, tentu dapat memberikan performa lebih baik bagi pengendaranya. Mengapa berkendara roda dua perlu teknik bukaan gas yang tepat? Karena bila tidak, pengendara berisiko kehilangan kendali dari motor yang dikendarai.

Alhasil, ban motor bisa slip dan berpotensi terjadi kecelakaan. Belum lagi kondisi jalan yang licin, tergenang air, berpasir atau tidak rata berisiko ban selip saat akselerasi tinggi. Instruktur safety riding Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta, Danang Hermanto mengatakan, ada beberapa cara mengendalikan bukaan gas dalam berkendara motor.

Baca Juga:
Bikin Penasaran, DFSK Mini EV Akan Beri Kejutan di Pameran GIIAS

1. Posisikan tubuh dalam keadaan nyaman di motor. Duduk tidak terlalu maju atau mundur di jok. Supaya posisi tangan tidak terlalu menekuk, maupun menjulur ke depan.
2. Siapkan bahu, siku dan pergelangan tangan dalam posisi rileks. Kondisi demikian memudahkan dalam mengoperasikan gas motor, sehingga lebih halus saat berakselerasi.
3. Sewaktu memutar gas gunakan telapak tangan. Lakukan gerakan memutar, dengan memanfaatkan pergelangan tangan. Agar tetap bisa bermanuver ketika berakselerasi.
4. Buka gas secara halus dan perlahan. Senantiasa memperhatikan keadaan jalan di sekitar. Bila ada genangan air, pasir atau kerikil dan lainnya, perlu ekstra hati-hati menarik gas.
5. Bila motor terdapat fitur Traction Control System (TCS), optimalkan fitur ini. Pasalnya, TCS dapat membantu pengendara berakselerasi.

Fitur TCS berfungsi mencegah selip pada ban belakang, karena tenaga mesin yang tersalur ke ban sudah dikontrol olehnya. Yamaha Nmax 155 Connected/ABS terbaru dan Xmax 250 punya fitur ini. Lanjut Danang, setelah mengaplikasikan sejumlah poin di atas, diharapkan kontrol bukaan gas dalam berkendara bisa lebih optimal. Akselerasi motor lebih halus dan cepat namun tetap aman.


(uda)