Autogear.id – Setelah absen selama empat tahun akibat pandemi covid-19, pameran business to business (B2B) Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) akan kembali hadir pada 2024. Yakni tanggal 7 - 10 Maret 2024, dengan memamerkan teknologi dan produk terkini dari industri kendaraan komersial.
Diselenggarakannya kembali kegiatan ini, menunjukkan adanya perkembangan baik yang dicapai industri kendaraan komersial. Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan, berbagai tantangan muncul selama dan sesudah pandemi, bagi berbagai macam industri. Termasuk industri kendaraan bermotor komersial.
“Prospek kendaraan bermotor komersial diperkirakan akan terus meningkat, seiring peningkatan ekonomi dan membaiknya kondisi berbagai macam industri seperti barang konsumsi, pertambangan, produk komoditas, logistik, pariwisata dan lainnya yang tentu akan membutuhkan kendaraan bermotor komersial,” ujarnya.
Sewaktu pandemi di tahun 2020, market share kendaraan komersial mengalami penurunan cukup dalam. Kemudian mulai bangkit perlahan di tahun 2021, mencapai angka 227.396 unit. Seiring membaiknya kondisi perekonomian nasional, tahun 2022 kembali meningkat sebanyak kurang lebih 16,3 persen. Akhir tahun 2023 ini penjualan kendaraan komersial diprediksi akan kembali mencatat angka positif.
“Kami yakini dengan hadirnya pameran ini, akan semakin dapat meningkatkan penjualan kendaraan bermotor komersial secara nasional. GIICOMVEC juga menjadi sebuah bentuk komitmen kami, untuk terus memberikan edukasi tentang inovasi terkini, yang berfokus pada pengurangan emisi gas buang dan penggunaan teknologi ramah lingkungan pada kendaraan bermotor komersial,” jelas Nangoi.
Menurutnya kehadiran berbagai inovasi pada pameran tersebut di 2024 juga dapat menjadi salah satu faktor pendorong kegiatan ekspor kendaraan bermotor komersial dari Indonesia. “Kami berharap berbagai inovasi yang dihadirkan pada pameran GIICOMVEC dapat menyampaikan informasi positif kepada pasar internasional, dan menjadi dorongan kegiatan ekspor industri otomotif Indonesia yang sedang terus diupayakan pertumbuhannya,” ungkap Nangoi.
Jajaki Peluang Baru Lewat Peserta Internasional
Pameran B2B yang berlangsung setiap dua tahun sekali ini, diklaim Gaikindo merupakan sebuah platform unggulan. Untuk tren dan inovasi terkini, dalam sektor industri kendaraan komersial, yang dapat meningkatkan efisiensi dan kinerja kendaraan komersial.
Sebagai pameran B2B, event ini akan menjadi tempat berkumpulnya para pelaku industri, profesional dan para stakeholders secara nasional. Sebuah platform untuk networking, kolaborasi dan pertukaran edukasi dalam industri kendaraan komersial. Para prospect buyers dapat berinteraksi secara langsung dengan peserta, memanfaatkan pameran ini untuk dapat menjalin hubungan bisnis sehingga dapat menciptakan potensi kerja sama di masa depan.
Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggaran Pameran Gaikindo, Rizwan Alamsjah menyatakan, pameran ini juga akan menghadirkan peserta pameran internasional yang akan membawa berbagai produk dari lini industri pendukung. “Kami telah persiapkan area khusus yang akan diisi oleh peserta pameran internasional tersebut. Kehadiran mereka diharapkan memberi informasi dan peluang baru, bagi para pemain industri komersial di Indonesia,” tukasnya.
(uda)