Pembiayaan Otomotif

Sektor Pembiayaan Motor Honda Naik Rp11,5 Triliun, Tak Tersentuh Resesi?

Pembiayaan motor Honda naik cukup signifikan. DAM
Pembiayaan motor Honda naik cukup signifikan. DAM

Autogear.id – Isu resesi dunia tahun ini masih menyeruak, yang digadang-gadang juga berisiko tinggi terhadap Indonesia. Tetapi bersyukur, fakta di ranah otomotif tampaknya tidaklah demikian. Paling tidak hingga pertengahan tahun 2023 ini. Seperti diungkapkan oleh PT Federal International Finance (PT FIF), sebagai salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk di bidang jasa keuangan.
 
Dijelaskan, anak perusahaan ini berhasil menyalurkan pembiayaan senilai Rp 17,8 triliun selama periode bulan Januari-Mei 2023, atau tumbuh sebesar 35,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. 

Capaian tersebut lantaran didukung oleh kian membaiknya permintaan pembiayaan di sektor ritel, selama lima bulan pertama tahun 2023 ini. Apalagi setelah tidak ada lagi pembatasan dalam mobilitas yang dilakukan oleh Pemerintah, seperti yang terjadi di masa Covid-19 lalu.

Human Capital, General Support, Corporate Communication, Environment, Health, Safety, Social Responsibility (EHSSR), and Sustainability Director FIFGroup, Esther Sri Harjati mengatakan, permintaan pembiayaan untuk sektor ritel selama lima bulan pertama tahun 2023 ini mengalami pertumbuhan sebesar 35,4 persen. Kiranya menandakan kian membaiknya permintaan di sektor ritel.

Baca Juga:
Anut Filosofi ala Transformers, V-Kool Bikin Gebrakan di Bioskop

“Secara keseluruhan, kondisi selama lima bulan pertama tahun 2023 ini, yaitu dari bulan Januari sampai dengan bulan Mei, yang kami rasakan adalah meningkatnya permintaan pembiayaan yang cukup signifikan. Apabila dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022 lalu,” urai Esther Sri Harjati dalam media gathering bersama segelintir jurnalis di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023).

Lebih jauh dijelaskannya, secara booking unit terjadi pertumbuhan sebesar 23,9 persen, pada periode lima bulan Januari hingga Mei 2023. Tumbuh menjadi 1,3 juta unit, dibandingkan periode sama tahun 2022, yang cukup puas dengan capaian sebesar 1,1 juta unit.
 
Secara rinci, pertumbuhan tersebut didukung oleh kinerja dari lima bidang layanan dengan brand services PT FIF, yaitu FIFAstra, Spektra, Danastra, Finatra, dan Amitra. Adapun FIFAstra sendiri, yang menyediakan layanan pembiayaan motor Honda, mencatatkan pertumbuhan nilai penyaluran pembiayaan selama Januari hingga Mei 2023 sebesar Rp 11,5 triliun.

Melihat dari data tersebut, menandakan terjadi pertumbuhan 41,3 persen. Jika dibandingkan periode yang sama tahun 2022, dengan nilai Rp 8,13 triliun. Dilihat dari booking unit, bidang layanan itu turut mencatatkan pertumbuhan sebesar 42,7 persen pada periode lima bulan pertama tahun 2023. Menjadi 683 ribu unit, dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022, yakni sebanyak 478 ribu booking unit.

Baca Juga:
Mitsubishi Gandeng Yamaha Rilis SUV Baru di GIIAS 2023, Penasaran?

 
“Bersyukur masyarakat, khususnya pelanggan kami, tetap mempercayakan ke perusahaan, dalam melayani berbagai produk pembiayaan. Kami pun akan terus meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan. Sehingga memberikan jasa yang prima bagi pelanggan,” pungkas Esther. 


(uda)