Eksistensi Hankook dari Formula E Hingga Dukung Pembalap ISSOM

Eksistensi Hankook dari Formula E hingga dukung pembalap ISSOM - Hankook Indonesia
Eksistensi Hankook dari Formula E hingga dukung pembalap ISSOM - Hankook Indonesia

Autogear.id – Sejak 2022 hingga 2024, ban Hankook menjadi salah satu dari tiga ban resmi kejuaraan balap mobil Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM). Seluruh pembalap dari lima kelas bergengsi memilih ban ini, untuk mendukung performa mereka pada putaran kedua ISSOM 2024 (21-23/6/2024).

Kelima kelas tersebut, meliputi Indonesia Touring Car Racing (ITCR) 1200, ITCR 1500, ITCR 3600 MAX, Honda City Hatchback Brio Speed Challenge (HCHBSC), dan Eshark Dapur Cokelat Touring Championship (Eshark). Presiden Direktur PT Hankook Tire Sales Indonesia, Yoonshoo Shin, mengaku bangga dapat memenuhi kebutuhan ban di ISSOM. Mendominasinya Hankook Ventus RS4 sebagai ban pilihan para pembalap, menunjukan kualitas mumpuni dalam mendukung performa balap di medan yang menantang dan membutuhkan manuver berkecepatan tinggi," kata Yoonshoo.

Ventus RS4 dirancang khusus untuk memberikan kinerja optimal di lintasan balap, dengan kemampuan cengkraman dan handling nya. Ban ini telah memenuhi  standar ISSOM, yaitu treadwear minimum 200, yang berarti memiliki daya tahan sesuai untuk jarak tempuh 60.000 mil. Di sisi lain, Ventus RS4 memiliki desain pola ban yang inovatif. Memberikan kontrol stabil dan presisi saat berkendara, baik di lintasan kering maupun basah.

Ketersediaan suplai pun berkelanjutan, memastikan para pembalap selalu memiliki akses terhadap ban yang mereka butuhkan. Sepanjang balapan ISSOM 2024, Ventus RS4 dipasok melalui SM Motorsport. Line up model ini juga dapat ditemukan di jaringan Hankook Master maupun berbagai gerai retail di Indonesia. 

Dalam putaran kedua ISSOM 2024 di Sirkuit Internasional Sentul, Avila Bahar dari tim Honda Racing Indonesia meraih kemenangan di kelas ITCR 1200 dengan raihan waktu 23 menit 48 detik, dan ITCR 3600 MAX dengan catatan waktu 22 menit 18 detik. Kemudian Fitra Eri dari Honda Bandung Centre Racing Team sukses menjuarai kelas ITCR 1500, dengan total durasi waktu 23 menit 2 detik.

Akheela Chandra dari tim Rehobat Motorsport meraih kemenangan di 2 kelas berbeda, yakni HCHBSC dengan raihan waktu 19 menit 27 detik, dan kelas Eshark dalam waktu 23 menit 4 detik. Secara keseluruhan para pembalap di kelima kelas tersebut meraih hasil luar biasa didukung Ventus RS4.

Sebelumnya Hankook Tire telah membuktikan performa terbaik dalam berbagai ajang balap dunia. Sejak tahun 2023, ban ini telah menjadi mitra teknis dan pemasok ban eksklusif untuk ABB FIA Formula E. Hankook iON Race mempersembahkan performa optimal di berbagai kondisi lintasan dan iklim, serta mendukung upaya keberlanjutan, dengan mendaur ulang seluruh ban pasca balapan.

Tahun ini Hankook juga mensponsori ajang Balap Endurance 24H Series di Abu Dhabi, dengan memasok line up Hankook C54 H, yang dikenal memiliki bobot lebih ringan dan daya cengkeram optimal. Memungkinkan para pembalap mencatat waktu tempuh lebih singkat.


(uda)