Balap Mobil Virtual

Ungguli Negara lain, Racer Indonesia Singa Podium

Pembalap Indonesia sisihkan pembalap dari negara lain dalam balap mobil virtual di simulator. HPM
Pembalap Indonesia sisihkan pembalap dari negara lain dalam balap mobil virtual di simulator. HPM

Autogear.id – Masuk akhir musim ketiga kompetisi balap virtual Honda Racing Simulator Championship (HRSC), para simracer Indonesia, julukan bagi pembalap simulator, sukses bersaing dengan simracer mancanegara. Sekaligus mendominasi gelar juara dari tiga kelas perlombaan. Salah satu simracer termuda, Daffa Ardiansyah, keluar sebagai juara baru di kelas balap paling kompetitif pada ajang yang digelar secara virtual oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). 

Di kelas Honda Civic Type R, Daffa yang baru berusia 15 tahun keluar sebagai juara, kantongi total 101 poin. Dia berhasil mengungguli 34 peserta, termasuk di antaranya 17 simracer dari negara lain. Tak hanya Daffa, simracer Indonesia lainnya juga menunjukkan prestasi, di kelas dengan asal negara peserta paling beragam ini. Mengekor di belakang Daffa, peringkat kedua direbut Jaka Siswoyo dengan total 84 poin. Sedangkan peringkat ketiga ditempati Presley Peter, total 72 poin.
 
Dominasi simracer Indonesia juga terlihat di kelas City Hatchback RS, ketika Anandyo Dwiki sukses menjadi juara dengan total 81 poin. Lalu diikuti Ilhamulkarin Shaquille yang menempati urutan kedua, dengan total 71 poin. Sementara podium ketiga ditempati peserta asal Malaysia, Sim Kai Wern, dengan total 59 poin.
 
Hasil Pertandingan
kelas Brio RS Urbanite juga menampilkan persaingan tak kalah sengit. Rialto Ristofani sukses menjuarai kelas ini, usai koleksi 98 poin. Sementara peringkat kedua dan ketiga ditempati Daffa Harits dan Gigih Ihsan. Keduanya hanya terpaut satu poin, masing-masing dengan perolehan 79 dan 78 poin. 

Baca Juga:
Hadirkan Vespa Batik, Apa Istimewanya?

 
Communication Strategy Senior Manager HPM, Adhi Parama Sugarda mengatakan, musim ketiga dari HRSC terlihat mampu menjaring lebih banyak peserta. Baik dari Indonesia maupun dari sejumlah negara lain.
 
“Kami bangga atas prestasi yang diraih para simracer Indonesia. Mampu bersaing dan mendominasi gelar juara di semua kelas. Hasil kejuaraan di musim ini menunjukkan pula, kalau popularitas balap simulator kian tinggi di Indonesia,” kata Parama dalam jumpa pers virtual, Selasa (13/12/2022).
 
Didukung kemampuan para simracer Indonesia, yang tak kalah dengan peserta dari negara lain. Maka, lanjut Parama, sesuai komitmen HPM, Honda akan terus menyebarkan keseruan balapan ke lebih banyak orang lagi lewat ragam aktivitas berikutnya. Kejuaraan HRSC musim ketiga digelar 6 seri, sejak 27 Agustus 2022. Lomba ini telah menyelesaikan seri terakhir pada 26 November 2022. 

Musim ini, lebih dari 200 peserta berpartisipasi di babak kualifikasi, yang merupakan saringan untuk tampil di putaran final. Pertama kalinya, kompetisi HRSC juga dibuka untuk para simracer internasional. Tercatat, dari total 105 finalis yang berlaga di putaran final, 23 peserta berasal dari beberapa negara. Antara lain Malaysia, Estonia, Australia dan Bulgaria.


(uda)