Formula 1 Belgia

Verstappen Superior di QTT F1 Belgia, Kena Penalti Bakal Start di 15

Max Verstappen raih posisi start terdepan di F1 Belgia namun harus rela mundur 14 grid start karena mengganti mesin mobilnya. Red Bull CP
Max Verstappen raih posisi start terdepan di F1 Belgia namun harus rela mundur 14 grid start karena mengganti mesin mobilnya. Red Bull CP

Autogear.id - Max Verstappen sepertinya memang tak menyia-nyiakan performa terbaiknya musim ini. Ia tak henti melakukan trik terbaiknya dan mendominasi jalannya sesi latihan hingga sesi kualifikasi. Bahkan untuk karakter sirkuit yang membutuhkan power besar dan performa mumpuni mobilnya. 

Seperti yang terlihat di sesi kualifikasi F1 Belgia yang berlangsung pada Sabtu (27/8/2022) barusan. Ia mencetak lap tercepat bahkan dengan selisih 0,6 detik dari pembalap tercepat kedua yang ditempati oleh Carlos Sainz. Sayangnya, Ia harus mengawali balapan dari gris strat ke-15 lantaran harus mengganti mesinnya yang dinyatakan mulai mengalami penurunan performa.

"Memang tak mudah di sesi kualifikasi kali ini karena kami memang harus tampil kompetitif. Mengingat ada denda penalti yang kami harus jalani. Untuk menang dari posisi start 15 rasanya memang agak sulit. Tapi kami punya target realistis bisa meraih podium di seri kali ini," klaim Verstappen usai meraih waktu tercepat di sesi kualifikasi kali ini.

Kondisi tersebut membuat Carlos Sainz yang meraih lap tercepat kedua, secara otomatis naik ke grid pertama dan rekan setim Verstappen yaitu Sergio Perez, naik ke grid start kedua. Meski demikian, Ia menilai tidka semudah itu bertahan di posisi terdepan. 

Baca Juga:
McLaren Jakarta Resmi Menjadi Workshop ke-33 di Asia Pasifik

"Memang bukan hal yang mudah. Namun jelas kami harus siap dengan semua strategi terbaik dan mempertahankan posisi di urutan terdepan. Semoga besok kami bisa mewujudkan kemenangan dengan performa yang lebih baik," klaim Sainz. 

Apa yang diungkapkan oleh Sainz, memang cukup rasional, mengingat ada Sergio Perez di urutan kedua. Pembalap asal Meksiko ini juga punya talanta yang luar biasa ketika Ia sanggup merasakan performa terbaik dari mobilnya. Apalagi mengetahui rekan setimnya ada di urutan start 15, tentu Ia akan berupaya keras untuk mengambil-alih posisi pertama sejak dari tikungan pertama. 

Namun Perez juga tetap harus hati-hati lantaran pembalap yang start di belakangnya adalah Charles Leclerc. Mengingat pembalap asal Monako itu juga punya peluang besar untuk mengambil alih kemenangan dengan strategi terbaiknya.

Hasil Kualifiaksi F1 Belgia:
1. Max Verstappen, NED, Red Bull Racing
2. Carlos Sainz, SPA, Ferrari
3. Sergio Perez, MEK, Red Bull Racing


(uda)