Autogear.id – Dealer resmi Hino untuk area Jawa Tengah, PT Duta Cemerlang Motors (DCM) meresmikan fasilitas pelatihan terpadu Duta Hino Training Center.
Fasilitas tersebut telah memperoleh sertifikasi resmi dari PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sebagai penyelenggara program Hino Quality Service (HQS) untuk level Mekanik Junior.
Berlokasi di Jl. Raya Kaligawe 33, Semarang, Jawa Tengah, kehadiran pusat pelatihan ini sejalan dengan komitmen Hino, memastikan setiap pelanggan mendapat layanan Total Support yang konsisten, cepat, dan berkualitas tinggi.
Duta Hino Training Center hadir dengan fasilitas yang lengkap dan terstandarisasi Hino Indonesia Academy. Meliputi 3 ruang kelas berkapasitas hingga 24 peserta, dan fasilitas penunjang yang dilengkapi peralatan diagnostik serta tools yang sesuai standar Hino.
Melalui fasilitas ini, Duta Hino menargetkan mampu melatih 150 hingga 300 sumber daya manusia (SDM) setiap tahun, baik mekanik, staf layanan, maupun tim penjualan, sehingga pelayanan kepada pelanggan semakin cepat, presisi, dan dapat diandalkan.
"Peresmian Duta Hino Training Center merupakan langkah strategis bagi kami untuk menghadirkan standar layanan yang semakin tinggi. Dengan dukungan penuh dari HMSI, fasilitas ini kami siapkan untuk memperkuat kompetensi SDM internal sekaligus memberikan nilai tambah bagi pelanggan melalui program pelatihan yang terstruktur dan berstandar Hino," tutur Direktur Utama PT Duta Cemerlang Motors, Chris Hemasurya.
Selain untuk internal, Duta Hino Training Center juga dirancang memenuhi kebutuhan pengembangan SDM bagi pelanggan.
Pada tahap pengembangan berikutnya, fasilitas ini akan membuka berbagai program pelatihan untuk customer, mulai dari training pengemudi yang mencakup eco-driving, pengecekan harian, hingga defensive driving untuk meningkatkan efisiensi operasional serta keselamatan berkendara.
Program ini juga akan diperkuat dengan training mekanik pelanggan, seperti pelatihan perawatan dasar, inspeksi berkala, hingga troubleshooting ringan agar armada dapat tetap beroperasi optimal dan downtime bisa ditekan.
Tidak hanya itu, Duta Hino juga menyiapkan pelatihan khusus untuk staf gudang pelanggan, meliputi manajemen suku cadang, pengelompokan fast moving dan slow moving, serta SOP penyimpanan agar ketersediaan parts lebih terkontrol dan efisien.
Duta Hino sendiri saat ini melayani ribuan pelanggan di Jawa Tengah, dengan lebih dari 3.000 unit Hino yang beroperasi di wilayah tersebut. Ketersediaan mekanik bersertifikasi dan staf purna jual kompeten menjadi kunci, dalam memastikan setiap unit pelanggan tetap bekerja secara optimal, aman, dan efisien.
Training center ini juga akan menjadi pusat penyegaran pengetahuan produk, keterampilan teknis, penanganan keluhan pelanggan, serta edukasi teknologi terbaru yang terus dikembangkan oleh Hino.
(uda)
