Formula 1 Miami 2022

Cetak Kemenangan Pertama di F1 Miami, Verstappen Pecundangi Ferrari

Max Verstappen amankan kemenangan perdana di F1 Miami, Ia menekuk duo pembalap Ferrari yang tampil apik di sesi kualifikasi. Red Bull CP
Max Verstappen amankan kemenangan perdana di F1 Miami, Ia menekuk duo pembalap Ferrari yang tampil apik di sesi kualifikasi. Red Bull CP

Autogear.id - Duo pembalap tim Ferrari yang tampil superior di sesi kualifikasi Formula 1 Miami pada sesi kualifikasi Sabtu (7/5/2022) dengan menempati posisi start 1-2, ternyata tak mampu berbuat banyak di sesi race pada Minggu (8/5). Keduanya tak berdaya melawan dominasi sang juara dunia F1 2021 yaitu Max Verstappen dengan performa gemilang.

Pembalap asal Belanda itu meraih kemenangan F1 Miami pertama kali dan mencatat sejarah di pagelaran perdana balap jet darat itu di negeri Paman Sam. Pada lap pertama, meski mengawali balapan dari posisi ketiga, namun Ia bisa langsung merebut posisi kedua dari tangan Carlos Sainz. Ia hanya butuh beberapa lap hingga akhirnya Ia bisa memimpin jalannya balapan. 

Di sesi balapan ini, Verstappen terlihat sangat percaya diri, lantaran dari sisi penggunaan ban, baik dengan kompon medium ataupun kompon keras, Ia bisa tetap tampil kompetitif. Tidak ada gejala performa ban yang turun drastis dan saat menggunakan dua kompon itu performanya tetap yang terbaik. Bahkan Ia menjadi pembalap dengan lap tercepat saat menggunakan ban kompon keras.

"Menjadi pemenang pertama di sirkuit baru F1 Miami rasanya sangat menyenangkan. Mengingat ini adalah balapan pertama di sirkuit baru Miami ini. Sejak awal saya tahu bahwa mobil kami cukup kompetitif di kondisi temperatur tinggi dan itu terbukti," bangga Verstappen usai memenangi balapan pertamanya di F1 Miami.

Baca Juga:
Mulai di F1 Miami, Perhiasan dan Kancut Pembalap Bakal Diatur FIA

Charles Leclerc yang merasa jumawa di awal karena mengawali balapan dari grid start pertama dan melihat kompetitifitas mobilnya cukup besar, merasa tak bisa berbuat banyak. Meski sudah berupaya keras meraih hasil bagus. Namun performa Verstappen dan strategi apiknya memang sulit dibendung. 

"Setidaknya kami tahu sudah berupaya keras baik untuk strategi pit stop, penggunaan kompon ban juga saat berlangsungnya balapan. Namun performa Verstappen dan Red Bull terlalu tangguh di sirkuit ini dan juga dalam kondisi temperatur tinggi. Tapi finish di posisi kedua masih membuat kami mengumpulkan poin penting di klasemen pembalap," sergah Leclerc.

Sementara rekan setimnya yaitu Carlos Sainz yang menghadapi ancaman dari Sergio Perez sepanjang balapan berlangsung, masih sanggup bertahan dan mengamankan podium ketiga. Beruntung rivalnya itu sempat mengalami penurunan performa di pertengahan balapan secara tiba-tiba, sehingga memberikan Sainz kesempatan untuk menjauh. 

Balapan ini juga berlangsung cukup dramatis lantaran beberapa kejadian senggolan antar pembalap membuat beberapa strategi tim dan pembalap berubah. Seperti kejadian yang dirasakan Lando Norris usai senggolan dengan Pierre Gasly. Ia pun harus menelan pil pahit tidak finish di seri kali ini. 

Hal lain yang juga tak kalah seru lantaran duo pembalap asal Jerman yaitu Sebastian Vettel dan Mick Schumacher malah bersenggolan dan membuat keduanya tak bisa menyelesaikan balapan karena mobil mengalami rusak berat. Padahal sebelum kejadian bersenggolan itu, keduanya masuk dalam zona finish poin. Tentu ini sangat disayangkan. 

Hasil balap F1 Miami:
1. Max Verstappen, BEL, Red Bull Racing
2. Charles Leclerc, MON, Ferrari
3. Carlos Sainz, SPA, Ferrari


(uda)