Balap Mobil

Diserbu Ratusan Peserta VW dan Non VW, Drag Race VVC Nihil Insiden

Melibatkan lebih dari 200 peserta, ajang balap lintasan lurus atau drag race yang digelar Volkswagen Van Club (VVC) sukses terselenggara. AG-Alun
Melibatkan lebih dari 200 peserta, ajang balap lintasan lurus atau drag race yang digelar Volkswagen Van Club (VVC) sukses terselenggara. AG-Alun

Autogear.id – Melibatkan lebih dari 200 peserta, ajang balap lintasan lurus atau drag race yang digelar Volkswagen Van Club (VVC) sukses terselenggara. Bertajuk VVC Go and Fast – Drag Race VW Series Putaran II, kegiatan yang masuk kalender nasional Volkswagen Indonesia Asosiasi (VIA) berhasil dihelat di Sirkuit Non-Permanen Adhi City, Sentul (22-23/10/2022).
 
Adapun lebih dari 200 an peserta tersebut bukan hanya melombakan kelas khusus VW klasik aircooled. Melainkan membuka diri pula bagi peserta non-VW. Baik mobil Jepang maupun Eropa, bahkan turut menghadirkan kelas khusus motor.
 
“Alhamdulillah selama dua hari acara berjalan aman dan lancar. Terima kasih kami sampaikan ke para sponsorship dan semua pihak dalam acara ini. Mohon maaf bila ada kekurangan di sana-sini,” ujar  Ketua Umum VVC, Irjen. Pol. (Purn.) Pudji Hartanto Iskandar.
 
Daerah Sentul yang biasanya diguyur hujan menjelang petang, tapi selama dua hari perhelatan cuaca relatif panas. Dari start hingga finis dilalui tanpa terpaan hujan, yang bisa berisiko cukup besar bagi kendaraan peserta. Menurut Ketua Panitia Pelaksana VVC Go and Fast, Harvyanto Suharto, antusiasme peserta cukup tinggi. Terlebih menjelang penutupan registrasi.

Baca Juga:
Fun Offroad Berasa Kejurnas ala Jelajah Jonggol Offroad 2

 
“Itu lumrah, mengingat ‘saling tunggu’ antar peserta dengan rivalnya lazim terjadi. Pada drag race ini kita juga memakai regulasi yang diterbikan Ikatan Motor Indonesia, termasuk aspek safety dan kelas-kelasnya,” beber Harvy.
 
Sedangkan dikatakan Ketua Harian VIA Agus Sutanto, pihaknya mengucapkan selamat atas suksesnya penyelenggaraan event drag race VW series putaran kedua, yang dilaksanakan VVC. “Berjalan lancar dan tanpa insiden sedikitpun. Semoga saja di putaran ketiga yang dibuat Volkswagen Club Bandung (VCB) yang rencananya berlangsung di Bandung nanti bisa melanjutkan keramaian dan antusiasme seperti dua event sebelumnya,” ujar Agus.
 
Dalam rangkaian seri drag race VW ini, VIA juga menyiapkan piala khusus yang akan diberikan pada seri terakhir di Bandung. Harapannya, bisa turut memikat peserta untuk segera ikut. Sebagai penentu siapa peraih piala VIA nanti, akan dihitung total nilai yang didapat dari masing-masing peserta. Mulai dari seri pertama hingga ketiga.
 
“Semoga tawaran piala khusus VIA ini menambah semangat teman-teman VW Indonesia untuk ikutan acara drag race yang masuk kalender VIA tersebut. Secara total sudah ada 90-an klub yang mendaftar." Kata Agus, VIA berharap para klub bisa mengirimkan setidaknya minimal 1 unit mobil mewakili klub. "Kalau kuota ini terpenuhi, bisa terbayang betapa ramainya acara ini.” 

Baca Juga:
IMOS 2022 Dibuka Pekan Depan, Kuy! Intip Apa Aja Motor Listriknya?

Kesuksesan rangkaian drag race VW nasional putaran ke-2 ini tidak lepas dari dukungan Jakarta Storm Speed (JS), Adhi City Sentul, dukungan IMI DKI Jaya, VIA, pelek HSR dan lainnya. Malahan JS sekaligus memanfaatkan momentum drag race ini guna memperkenalkan keberadaan dan kiprah tim-nya yang turun pada kejuaraan drag race VVC Go and Fast.
 
Founder dan pimpinan JS Foundation, R. Adi Yunadi Endjun menyampaikan, kiprah JS pada acara ini sebagai upaya pengembangan ke bidang lain, selain olah raga basket yang selama ini dilakoni.“Kami juga ingin menjadikan gelaran drag race VVC sebagai langkah awal JS serius terjun di dunia balap lintasan lurus dan dunia otomotif Indonesia,” tukasnya.
 
Dijadwalkan, putaran ke-3 VW drag race series atau seri terakhir rangkaian balap drag seri nasional skala VIA ini akan berlangsung di Bandung, Jabar (26-27/11/2022), dengan panitia penyelenggara VCB.


(uda)