Formula 1 Australia 2022

Mercedes GP Start dari Baris-3 F1 Australia, Semoga Bukan Harapan Semu

Lewis Hamilton akhirnya bisa tampil lebih kompetitif dari sesi sebelumnya. Namun Ia masih khawatir bisa meraih hasil bagus di sesi balapan besok. Mercedes-Benz AG
Lewis Hamilton akhirnya bisa tampil lebih kompetitif dari sesi sebelumnya. Namun Ia masih khawatir bisa meraih hasil bagus di sesi balapan besok. Mercedes-Benz AG

Autogear.id - Pertarungan antar pembalap di ajang balap Formula 1, masih seputar Ferrari yang kian kompetitif yang ditunggangi oleh Charles Leclerc. Di sesi perebutan posisi pole atau start terdepan, Ia masih dikuntit rapat oleh sang juara dunia F1 2021 yaitu Max Verstappen di urutan kedua dengan selisih yang sangat tipis yaitu 0,2 detik saja.  

Namun yang menjadi sorotan utama di sesi kualifikasi ini adalah karena duo pembalap tim Mercedes GP yang sebelumnya selalu berada di barisan tengah, sepertinya mulai menemukan setup mobil terbaiknya di Sirkuit Albert Park, Australia pada Sabtu (9/4/2022). Hamilton meraih posisi start kelima yang berarti Ia akan mengawali balapan dari baris ketiga bersama rekan setimnya yaitu George Russel.

Namun jika melihat selisih waktu dari Leclerc yang menempati posisi terdepan, tentu ini bukan hal baik dan selisih di antaranya masih sangat besar. Jika Verstappen hanya berjarak 0,2 detik dan 0,3 detik bagi Perez dari pembalap yang akan mengawali dari posisi start terdepan, namun selisih Hamilton masih terbilang jauh yaitu nyaris menyentuh angka 1 detik.

"Jika dikomparasikan dengan setup performa mobil kami di sesi sebelumnya, hari ini saya merasakan peningkatan yang lebih baik. Namun belum bisa sepenuhnya merasakan itu, karena jika melihat selisih waktu kami dengan pembalap di posisi pole, masih cukup jauh. Tapi kami akan mencari tahu lebih cepat, agar di sesi balapan nanti bisa lebih kompetitif," ujar Lewis Hamilton.

Baca Juga:
Chery Pasang 'Kuda-Kuda', Standarisasi agar Layak di Pasar Indonesia?

Ia melanjutkan bahwa mobilnya seperti seekor ular yang liar. Jika ditekan lebih jauh agar bisa memperlihatkan performa terbaiknya, maka mobilnya akan tak terkendali. Meski tak berharap banyak bisa langsung tampil kompetitif di sesi balapan besok, setidaknya Ia berharap timnya mulai menemukan permasalahan utama di mobilnya dan membuatnya lebih kompetitif di seri berikut.

Lalu bagaimana dengan duel antara Leclerc dan Verstappen? Banyak orang yang mengunggulkan sang juara dunia 2021 itu. Lantaran performa dan pengalaman tarungnya meraih kemenangan terlihat sudah terbukti tahun lalu. Namun tentu fakta sesi race pula yang akan menentukan. Kita lihat saja keseruannya besok.

Hasil kualifikasi F1 Australia:
1. Charles Leclerc, Mon, Scuderia Ferrari 1 menit 17,868 detik
2. Max Verstappen, Ned, Oracle Red Bull Racing 1 menit 18,164 detik
3. Sergio Perez, Mex, Oracle Red Bull Racing 1 menit 18,240 detik 


(uda)