Ini Tujuan Wuling Donasi 168 Unit Mesin untuk 117 SMK dan 1 Universitas di Jatim

Ini Tujuan Wuling Donasi 168 Unit Mesin untuk 117 SMK dan 1 Universitas di Jatim - Wuling
Ini Tujuan Wuling Donasi 168 Unit Mesin untuk 117 SMK dan 1 Universitas di Jatim - Wuling

Autogear.id – Setelah sebelumnya Wuling Motors (Wuling) mendonasikan 197 unit mesin kepada 50 SMK dan perguruan tinggi di wilayah Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, terkait tahap pertama program Wuling Bakti Pendidikan dan menyambut ulang tahun ke-7 Wuling di Indonesia (2/7/2024).

Kemudian berlanjut dengan kegiatan serah terima tahap kedua yang bertempat di Hotel Bromo Park, Probolinggo, Jawa Timur (Jatim), Jumat (5/7/2024) dengan jumlah 168 unit mesin yang ditujukan untuk 117 SMK dan 1 universitas di provinsi Jatim. Dalam seremoni ini, Direktur SMK Kemendikbudristek RI, Wardani Sugiyanto turut menyampaikan apresiasinya kepada pihak Wuling.

"Mari kita sambut dengan penuh semangat bantuan ini, dan mengoptimalkan penyelenggaraan praktik di satuan kita. Ini adalah momentum luar biasa, di mana industri semakin mencintai dan bermitra dengan SMK. Kami berharap semoga kerja sama ini dapat terus berlanjut dalam memberikan pengajaran terbaik,” papar Wardani di sela-sela kegiatan serah terima unit mesin.

Adapun setiap unit mesin yang berikan Wuling kepada ratusan SMK dan universitas ini merupakan penunjang sarana praktik, bagi peserta didik. Guna meningkatkan keterampilan, dalam membongkar atau memasang kembali komponen-komponen unit mesin kendaraan bermotor roda empat.

Hal tersebut diakui Wuling sebagai bentuk nyata kontribusi perusahaan, dalam mendukung dunia pendidikan, khususnya bagi para siswa yang mendalami bidang otomotif. Di samping sebagai sarana alih teknologi, serta link and match dengan kebutuhan dunia industri sekarang ini.

“Melalui inisiatif corporate social responbility, yang dikenal sebagai Wuling Bakti Pendidikan, kami terus berupaya menunjukkan komitmen, dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia. Program ini telah berkolaborasi dengan berbagai SMK dan perguruan tinggi, dengan fokus pada peningkatan kualitas pendidikan di bidang otomotif,” ungkap Vice President Wuling Motors, Arif Pramadana.

Lanjut Arif, donasi mesin ini juga diselaraskan dengan perayaan menyambut ulang tahun ke-7 Wuling, untuk memperkuat kemampuan pendidikan vokasi, terutama di Pulau Jawa. Membawa tujuan meningkatkan pengalaman belajar praktis siswa, memfasilitasi transfer pengetahuan dari industri, mendukung pengembangan tenaga kerja terampil, dan memperkuat kapasitas institusi pendidikan dalam menyediakan pelatihan teknis berkualitas.

Wuling juga beberapa waktu lalu telah menjalankan program Wuling Bakti Pendidikan di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tepatnya pada akhir Juni 2024. Dalam kesempatan tersebut, Wuling memberikan bantuan mesin ICE (Internal Combustion Engine) sebanyak 120 unit mesin, untuk 98 SMK dan 2 universitas di provinsi Jawa Tengah. Selain itu didonasikan pula sebanyak 120 unit mesin kepada 69 SMK dan 4 universitas di DIY.

Setelah terlaksananya Wuling Bakti Pendidikan di provinsi Jawa Tengah, DIY, Cikarang dan Jawa Timur pada Juni dan Juli 2024 ini, maka total keseluruhan mesin yang telah didonasikan oleh Wuling sebanyak 605 unit.


(uda)