Autogear.id – Sudah setahun Chery di Indonesia, tepatnya pada November 2023 kemarin. Selama setahun, enam SUV premium telah diperkenalkannya. Mulai dari seri Tiggo Pro dan Omoda 5, yang semuanya dirakit di pabrik CKD Indonesia, di bawah pengelolaan PT Chery Sales Indonesia (CSI).
Secara eksponensial, penjualan merek ini rata-rata 400 unit per bulan, dengan model paling populer saat ini adalah Omoda 5. Model ini diperkenalkan dalam varian 1.500 cc, 1.600 cc dan EV. Sukses mencapai 75 persen dari total penjualan.
Satu tahun di Indonesia, merek Tiongkok ini telah membangun 50 jaringan dealer di 23 kota. Seluruhnya hadir untuk melayani kebutuhan transaksi, servis, dan suku cadang dengan standar servis 6 bintang.
Menyoal kembali Omoda 5, SUV Crossover ini pada November 2023 mencatatkan angka penjualan global sebanyak 8.709 unit, atau meningkat 15 persen dari bulan sebelumnya. "Prestasi luar biasa ini menjadi bukti komitmen kami dalam menghadirkan produk unggulan di pasar global, termasuk Indonesia,” kata Vice President CSI, Harry Kamora.
Sementara itu, di Eropa Timur, model tersebut menjadi salah satu SUV terlaris di segmennya. Sedangkan di Asia Pasifik, juga mendapat sambutan positif. November lalu, model ini masuk daftar pendek penghargaan World Women Car of the Year (WWCOTY) di Selandia Baru.
Penghargaan tersebut diberikan oleh dewan juri yang terdiri dari para jurnalis dan ahli otomotif perempuan dari seluruh dunia. Mobil ini dinilai memiliki desain futuristik, performa bertenaga, dan ragam fitur inovatif.
Penghargaan "Best Mid-Size Crossover/SUV" dan “best 5-seater SUV” juga dikantongi Omoda 5 dari negeri jiran Malaysia. Diraih dalam waktu berdekatan, seolah membuktikan kalau kendaraan tersebut berhasil menarik perhatian pecinta otomotif di Malaysia. Omoda diakui terus berkomitmen untuk meraih prestasi di panggung global, memperluas cakupan pasar ke lebih dari 20 negara pada tahun ini.
Sejauh ini kekuatan merek tersebut terletak pada tim riset dan pengembangannya (R&D) yang kini terdiri dari 5.500 orang yang tersebar di enam pusat R&D di Amerika Utara, Eropa, dan Shanghai. Hingga kini, telah melakukan ekspor ke lebih dari 80 negara dunia. Memiliki 10 pabrik di luar China, serta 1.500 dealer dan outlet yang melayani 11 juta pengguna di seluruh dunia, termasuk 1,9 juta pengguna di luar China.
(uda)