Balap Mobil

Kejurnas Speed Offroad 2023 Resmi Punya 'Hidden Circuit' di Citeureup

Pepso Hills Circuit, yang berlokasi di kawasan Puncakdua Eco Park (PEP), Citeureup, Bogor, Jawa Barat jadi sirkuit resmi untuk Kejurnas Speed Offroad. PEP
Pepso Hills Circuit, yang berlokasi di kawasan Puncakdua Eco Park (PEP), Citeureup, Bogor, Jawa Barat jadi sirkuit resmi untuk Kejurnas Speed Offroad. PEP

Autogear.id – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Speed Offroad 2023 kini punya sirkuit resmi, Pepso Hills Circuit, yang berlokasi di kawasan Puncakdua Eco Park (PEP), Citeureup, Bogor, Jawa Barat. Sirkuit ini hadir eksklusif dan diklaim sebagai “hidden circuit”, lantaran menawarkan trek menantang, lanskap alam serta panorama yang indah. 

Mengusung konsep lintasan ganda (double track), disertai banyak tikungan (winding), sirkuit ini dijamin mampu memacu adrenalin para pebalap, untuk bermanuver dengan kecepatan tinggi. Juara Nasional Rally Group J, TB Adhi dan Rifky Bahri, serta Abah Iman dari Volcano Motorsport Racing Team juga telah menyempatkan diri, untuk meninjau sirkuit Pepso Hills. Hasilnya, mereka kagum dan akui kalau sirkuit ini memang punya lanskap alam nan memukau.
 
Sirkuit ini berstatus non permanen, dan khusus dibangun untuk Kejurnas Speed Offroad yang rencananya bakal berlangsung pada 25-26 Februari 2023. Punya panjang lintasan 4,2 km, dengan profil trek lurus 300m untuk clockwise, dan 500m anti-clockwise. Dilengkapi 13 tikungan untuk bermanuver cepat, plus lebar trek memadai buat mengamplifikasi kepiawaian pebalap offroad dan reli.
 
Dikatakan Direktur Utama PT. Internusa Jayaraya Abadi Perkasa, perwakilan dari PEP, Bambang Prihadi Irianto, kendati akses Pepso Hills sebagai hidden circuit masih terbatas, namun punya potensi sangat tinggi.

Baca Juga:
Bukan Kaleng-Kaleng, Rajai Pasar Truk Ringan Fuso Geber Euro4

 
“Merupakan kerja sama antara perusahaan kami bareng Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI. Kawasan Puncakdua Eco Park ini memiliki luas 152 hektar, dan untuk rencana jangka panjang akan dibangun sebuah kawasan hunian berbentuk kavling,” ucap Bambang.
 
Dewan Pembina IMI Pusat, Prasetyo Edi Marsudi, menyambut baik kesiapan dalam merancang sirkuit ini sedemikian rupa. Sebagai ajang pembuktian para offroader bersaing dalam kompetisi speed offroad. Menurutnya, kehadiran sirkuit baru yang khusus dibangun untuk Kejurnas Speed Offroad ini, kiranya dapat terus menggairahkan semangat para offroader Tanah Air.
 
“Tentunya, karakter unik lintasan dan suasana alam di sirkuit ini diharapkan mampu menyokong semangat pegiat serta penggemar speed offroad di Indonesia. Serta akan mewarnai pengalaman mereka dalam beraksi adu cepat,” tuturnya.
 
Lanjutan Seri Kejurnas
Meneruskan seri Kejurnas Speed Offroad tahun lalu, kini para peserta akan beradu cepat. Melumat lintasan tanah Pepso Hills dengan permukaan gravel berkarakter cepat. Dilengkapi bridge serta underpass penuh, jadi tantangan driver dan navigator. Pembalap Senior dan Pemilik Gazpoll Racing Team, Tommy Hadi mengatakan, bekerja sama dengan IMI DKI Jakarta, putaran Kejurnas akan dihelat selama dua hari.

Baca Juga:
Awas Turun Mesin! Kenali 7 Ciri Filter Bensin Mobil Wajib Ganti

 
“Seri Kejurnas kali ini menurut saya sangat istimewa, karena dihelat di sirkuit multipurpose track pertama di Pulau Jawa. Semoga ajang ini berkontribusi positif, dalam perkembangan olahraga otomotif di Indonesia,” kata Tommy.
 
Tahun ini Kejurnas Speed Offroad direalisasikan, hasil kolaborasi Pepso dan Cipta Para Juara Indonesia (Ciparai). Sebuah klub otomotif baru, di bawah naungan IMI Pengprov DKI Jakarta. Digawangi pegiat otomotif Wijaya Kusuma Subroto dan Ahmad Badawi.


(uda)