Dakar Rally Etape-9 Mobil

Sebastien Loeb Langsung Tancap Gas Usai Masa Rehat

Sebasien Loeb unggul lagi di etape ke-9 dan berupaya keras mengejar ketertinggalan waktu di klasemen sementara. Red Bull CP
Sebasien Loeb unggul lagi di etape ke-9 dan berupaya keras mengejar ketertinggalan waktu di klasemen sementara. Red Bull CP

Autogear.id - Penyesuaian yang dilakukan Sebastien Loeb di Dakar Rally (DR) 2023 terutama setelah menjalani masa rehat sehari di Riyadh, menjadikannya lebih tangguh di paruh kedua. Loeb yang menjalani etape 9 dari Riyadh ke Haradh dengan panjang lintasan sejauh 686 km termasuk 358 km etape spesial pada Selasa (10/1/2023) terlihat cukup percaya diri. 

Apalagi setelah melihat beberapa rival utama yang ada di depannya seperti Carlos Sainz, justru mengalami kecelakaan fatal yang membuat mobilnya mengalami kerusakan berat. Kendati sempat kembali ke checkpoint, namun kehilangan banyak waktu, membuat rivalnya itu tak berkutik. Sebaliknya, Loeb malah sanggup meraih kemenangan etape yang kedua secara beruntun kali ini.

"Ini adalah momentum bagus bagi kami. Meski kehilangan waktu di beberapa titik lintasan karena kami cukup berhati-hati kali ini, dan juga sempat kehilangan arah karena mengikuti jejak jalur motor yang salah jalan. Kami kehilangan waktu sekitar 5-7 menit karena salah navigasi dan harus kembali ke titik utama. Tapi setidaknya etape ini membuat kami bisa terlihat lebih konsisten," ujar Loeb.

Baca Juga:
Benavides Menang Lagi, Toby Price Siap Ambil Alih Klasemen

Sayangnya, kemenangan Loeb ini belum membantu banyak posisinya di klasemen dan selisih yang sangat besar dari Nasser Al-Attiyah yang tampil sangat konsisten dan tak pernah kehilangan waktu banyak. Kini seliishnya di klasemen waktu tercepat masih terpaut sangat jauh yaitu 1 jam 43 menit. 

Di urutan kedua ada pembalap yang bernaung di tim Teltonika Racing, yaitu Vaidotaz Sala. Selisihnya dari Loeb hanya terpaut 57 detik dan ini menjadi pencapaian terbaiknya. Kemudian di urutan ketiga ada Guerlain Chicherit dari GCK Motorsport dengan selisih 2 menit 8 detik dari Loeb. Sementara Attiyah yang menjadi rival utamanya di klasemen finish 8 dengan selisih waktu 8 menit 58 detik.

Hasil Dakar Rally Mobil Etape 9:
1. Sebastien Loeb, Bahrain Raid Xtreme, 3 jam 7,24 menit
2. Vaidotaz Sala, Teltonika Racing, +57 detik
3. Guerlain Chicherit, GCK Motorsport, +2,8 detik


(uda)